kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Merosot Lebih 1% Siang Ini, Brent ke US$89,69 dan WTI ke US$85,54


Senin, 08 April 2024 / 13:39 WIB
Harga Minyak Dunia Merosot Lebih 1% Siang Ini, Brent ke US$89,69 dan WTI ke US$85,54
ILUSTRASI. Kilang minyak mentah REUTERS/Angus Mordant


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak turun lebih dari US$1 per barel pada hari Senin (8/4), dengan Brent jatuh di bawah US$90 per barel.

Ketegangan Timur Tengah mereda setelah Israel menarik lebih banyak tentara dari Gaza selatan dan berkomitmen untuk melakukan pembicaraan baru mengenai potensi gencatan senjata.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun US$1,48 atau 1,6% menjadi US$89,69 per barel pada pukul 06.15 GMT.

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) berada pada US$85,54 per barel, turun US$1,37, atau 1,5%.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Turun Senin (8/4) Pagi, Ketegangan Geopolitik Timur Tengah Mereda

“Tampaknya katalisatornya adalah Israel yang mengatakan mereka telah menarik semua pasukannya kecuali satu brigade dari Jalur Gaza Selatan, kemungkinan sebagai respons terhadap meningkatnya tekanan internasional dan untuk meredakan ketegangan setelah mereka membunuh komandan senior Iran di Suriah pekan lalu,” analis pasar IG Tony Sycamore dikatakan.

Analis independen yang berbasis di Auckland, Tina Teng mengatakan: "Ini mungkin hanya kemunduran sementara karena peristiwa tersebut tidak memberikan perubahan mendasar apa pun."

Israel dan Hamas mengirim tim ke Mesir untuk melakukan pembicaraan baru mengenai potensi gencatan senjata menjelang liburan Idul Fitri, mengurangi ketegangan di Timur Tengah yang mendorong harga minyak lebih dari 4% minggu lalu di tengah kekhawatiran gangguan pasokan.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan pada hari Minggu bahwa Israel siap menangani skenario apa pun yang mungkin timbul dengan Iran, setelah Teheran mengancam akan membalas pembunuhan jenderal Iran pada 1 April.

Eksportir minyak terbesar dunia, Arab Saudi, menaikkan harga jual resmi untuk semua jenis minyak mentah ke Asia pada bulan Mei, sesuai dengan ekspektasi, setelah pasokan minyak dalam jumlah besar semakin ketat.

Kebakaran melanda anjungan lepas pantai yang dioperasikan oleh perusahaan minyak nasional Meksiko Pemex pada hari Sabtu, menewaskan sedikitnya satu kontraktor.

Hal ini terjadi setelah Pemex meminta unit perdagangannya untuk membatalkan ekspor minyak mentah sebanyak 436.000 barel per hari pada bulan April.

Namun, analis Goldman Sachs memperkirakan Brent akan tetap di bawah US$100 per barel dalam skenario dasar yang mengasumsikan permintaan sudah kuat, tidak ada dampak geopolitik lebih lanjut terhadap pasokan minyak dan peningkatan kapasitas cadangan akan menyebabkan OPEC+ meningkatkan produksi pada kuartal ketiga.

Baker Hughes dalam laporannya pada hari Jumat (5/4) menyebutkan, di Amerika Serikat (AS), jumlah rig minyak bertambah dua menjadi 508 pada minggu lalu sementara rig gas turun dua menjadi 110, terendah sejak Januari 2022.

Baca Juga: Iran Kembali Tegaskan Siap Hukum Israel Atas Kematian Warganya

Laporan ketenagakerjaan AS pada hari Jumat mengalahkan ekspektasi, menunjukkan perekonomian mengakhiri kuartal pertama dengan baik dan berpotensi menunda antisipasi penurunan suku bunga Federal Reserve tahun ini.

The Fed mungkin akan melakukan penurunan suku bunga di tengah data ekonomi AS yang kuat dan pasar tenaga kerja yang ketat, kata Teng.

Investor akan mempelajari data indeks harga konsumen dari AS dan Tiongkok yang akan dirilis akhir pekan ini untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai waktu kemungkinan penurunan suku bunga The Fed dan untuk mengukur kesehatan ekonomi dua konsumen minyak terbesar dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×