kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.830
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS614.076 0,33%

Harga minyak brent ambrol 6,9% dalam semalam

Kamis, 12 Juli 2018 / 07:39 WIB

Harga minyak brent ambrol 6,9% dalam semalam
ILUSTRASI. Harga minyak



KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga patokan global minyak mentah Brent mengalami penurunan satu hari terbesar dalam dua tahun, Rabu (11/7) kemarin. Meningkatnya ketegangan perdagangan AS-China diperkirakan mengancam akan melukai permintaan minyak. Libya juga akan membuka kembali pelabuhannya.

Minyak mentah Brent ambrol US$ 5,46 (6,9%) ke US$ 73,40 per barel. Ini merupakan penurunan harian terdalam sejak 9 Februari 2016. Minyak mentah AS turun US$ 3,73 (5%) menjadi U$ 70,38 per barel. 


Aksi jual dimulai pada awal sesi setelah Perusahaan Minyak Nasional Libya mengatakan akan membuka kembali pelabuhan yang telah ditutup sejak akhir Juni.

"Informasi utama di Libya hanyalah pemicu," kata John Saucer, wakil presiden di perusahaan penasihat Mobius Risk Group. Aksi jual meningkat setelah berita penurunan persediaan minyak mentah AS gagal membalikkan sentimen pasar.

"Ruang lingkup penjualan hari ini benar-benar merupakan pencairan spekulatif," kata Saucer.

Tekanan jual meningkat ketika ketegangan perdagangan antara AS dan China menimbulkan kekhawatiran tentang permintaan. Momok tarif pada lebih dari US$ 200 miliar barang China mendorong harga komoditas lebih rendah, bersama dengan pasar saham, karena ketegangan antara ekonomi terbesar di dunia semakin meningkat.

"Meningkatnya ketegangan perdagangan antara AS dan China telah mendorong penghindaran risiko dalam sesi perdagangan hari ini, yang jelas dalam harga minyak," kata Abhishek Kumar, analis energi senior di Interfax Energy.

Harga minyak mentah juga turun karena dolar AS naik pada laporan inflasi AS yang mengejutkan kuat. Ini meningkatkan prospek Federal Reserve akan menaikkan suku bunga dua kali lebih banyak tahun ini. Dolar yang lebih kuat dapat melemahkan komoditas denominasi dolar, seperti minyak mentah.

"Keprihatinan perdagangan telah digigit hari ini," kata Michael McCarthy, kepala strategi pasar di CMC Markets. "Jika tarif ini diperkenalkan, akan ada dampak pada pertumbuhan dan permintaan global." China merupakan pembeli utama minyak mentah AS, dan mereka telah mengatakan bahwa kebijakan seperti itu dapat memicu penenaan pajak atas minyak AS.

Libya National Oil Corp yang berbasis di Tripoli mengatakan pada hari Rabu, empat terminal ekspor dibuka kembali setelah faksi-faksi timur menyerahkan pelabuhan, mengakhiri kebuntuan yang telah menutup sebagian besar produksi minyak Libya.

Produksi minyak Libya telah jatuh ke 527.000 barel per hari (bpd) dari 1,28 juta bpd tinggi pada Februari setelah penutupan pelabuhan pada akhir Juni, kata NOC pada Senin.

"Libya membantu mengubah pembicaraan tentang kapasitas cadangan," kata John Kilduff, mitra di Again Capital Management. Kekhawatiran tentang kurangnya kapasitas cadangan telah menyebabkan minyak mentah reli selama beberapa hari terakhir.

Prospek sanksi AS terhadap ekspor minyak mentah dari Iran, produsen minyak terbesar kelima dunia, telah membantu mendorong harga minyak dalam beberapa pekan terakhir, dengan kedua kontrak perdagangan mendekati titik tertinggi selama 3,5 tahun terakhir. 

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Selasa bahwa Washington akan mempertimbangkan permintaan dari beberapa negara untuk dibebaskan dari sanksi karena berlaku pada bulan November untuk mencegah Iran mengekspor minyak.

Washington sebelumnya mengatakan negara-negara harus menghentikan semua impor minyak Iran mulai 4 November atau menghadapi pembatasan keuangan AS, tanpa pengecualian.

Pasar mengabaikan data pemerintah AS yang menunjukkan stok minyak mentah merosot hampir 13 juta barel pekan lalu, penurunan terbesar dalam hampir dua tahun terakhir. Pasokan ke pasar AS juga telah terhimpit oleh hilangnya beberapa produksi minyak Kanada.


Sumber : Reuters
Editor: Hasbi Maulana

HARGA MINYAK BUMI

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0470 || diagnostic_web = 0.3065

Close [X]
×