kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Turun ke Level Terendah 3 Bulan, Kamis (15/6)


Kamis, 15 Juni 2023 / 11:12 WIB
Harga Emas Spot Turun ke Level Terendah 3 Bulan, Kamis (15/6)
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas spot jatuh ke level terendah tiga bulan pada hari Kamis (15/6). Terseret petunjuk kenaikan lebih lanjut suku bunga The Fed telah mendukung penguatan dolar Amerika Serikat (AS).

Melansir Reuters, harga emas spot turun 0,5% menjadi US$1.933,89 per ons troi pada 0235 GMT, mencapai level terendah sejak 17 Maret. Sedangkan, harga emas berjangka AS turun 1,2% menjadi US$1.945,70.

The Fed mengisyaratkan bahwa ekonomi yang lebih kuat dari perkiraan dan penurunan inflasi yang lebih lambat akan menghasilkan kemungkinan kenaikan biaya pinjaman sebesar setengah poin persentase lagi pada akhir tahun ini.

"Ekspektasi dua kenaikan suku bunga lagi telah membebani emas dan harga dapat melihat lebih banyak tekanan jual, dengan support berikutnya terlihat di level US$1.920," kata Brian Lan, dari dealer GoldSilver Central Singapura.

Baca Juga: Investasi Emas, Ini Lo Proyeksinya Setelah Bank Sentral AS Tahan Kenaikan Suku Bunga

"The Fed kurang lebih telah memberi pasar arah" karena harga bergoyang dalam kisaran tertentu,” tambahnya.

Indeks dolar AS naik, membuat emas batangan lebih mahal bagi mereka yang memegang mata uang lain.

Pedagang sekarang menghargai peluang sekitar 69% dari kenaikan suku bunga Fed pada bulan Juli, menurut alat CME Fedwatch.

"Kami juga memasuki periode lambat musiman untuk permintaan fisik, menunjukkan harga emas lebih cenderung melayang lebih rendah di sesi mendatang kecuali pelambatan tajam dalam data ekonomi AS yang dapat memacu minat di pasar emas," kata analis Standard Chartered Suki Cooper.

Pasar sekarang akan menantikan sejumlah data ekonomi AS yang diharapkan di kemudian hari, termasuk klaim pengangguran mingguan pada 1230 GMT.

Fokus pasar juga pada pertemuan Bank Sentral Eropa, di mana diperkirakan akan menaikkan biaya pinjaman ke level tertinggi dalam 22 tahun pada hari Kamis.

Baca Juga: Lanjutkan Koreksi, Harga Emas Antam Turun Rp 1.000 Hari Ini 15 Juni

Selain itu bank sentral akan membiarkan pintu terbuka untuk kenaikan lebih lanjut, memperpanjang perjuangannya melawan inflasi tinggi bahkan saat ekonomi zona euro melemah.

Di tempat lain, harga perak spot turun 2,1% menjadi US$23,4285 per ons troi, platinum turun 0,8% menjadi US$967,61, dan paladium turun 1,1% menjadi US$1.370,71.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×