kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Naik Tipis Pagi Ini, Pasar Menunggu Risalah Rapat Fed dan data CPI


Selasa, 09 April 2024 / 08:24 WIB
Harga Emas Spot Naik Tipis Pagi Ini, Pasar Menunggu Risalah Rapat Fed dan data CPI
ILUSTRASI. Emas batangan. REUTERS/Tamara Abdul Hadi/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga emas naik tipis pada hari Selasa (9/4), sedikit di bawah rekor tertinggi. Investor menunggu risalah pertemuan kebijakan The Fed dan data inflasi utama untuk petunjuk mengenai waktu dan kedalaman penurunan suku bunga.

Melansir Reuters, harga emas di pasar spot naik 0,1% menjadi US$2.340,09 per ons troi pada 0051 GMT, setelah mencapai rekor tertinggi US$2.353,79 pada hari Senin.

Sedangkan, harga emas berjangka AS naik tipis 0,3% menjadi US$2.358,80 per ons troi.

Baca Juga: Harga Emas Menembus Rekor Tertinggi 7 Sesi Berturut-turut

Data consumer price index (CPI) AS dan risalah pertemuan kebijakan The Fed bulan Maret akan dirilis pada hari Rabu (10/4), yang dapat membantu mengukur waktu penurunan suku bunga yang diperkirakan secara luas.

Prospek inflasi masyarakat Amerika beragam pada bulan lalu di tengah ekspektasi kenaikan harga yang lebih besar di berbagai barang dan jasa utama, menurut laporan dari Fed Bank of New York.

Data LSEG menunjukkan, pedagang berjangka telah mengurangi spekulasi mengenai seberapa besar The Fed akan menurunkan suku bunga tahun ini ke level terendah sejak Oktober.

Suku bunga yang lebih tinggi mengurangi daya tarik untuk memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Bank sentral China menambahkan 160.000 troi ons emas ke cadangannya pada bulan Maret. Sejalan dengan pandangan pasar bahwa permintaan sektor resmi yang terus-menerus telah mendukung reli emas baru-baru ini.

Shanghai Gold Exchange akan menaikkan persyaratan margin untuk beberapa kontrak berjangka perak menjadi 12% dari 10% mulai dari penyelesaian pada 9 April.

Baca Juga: Pesta Belum Berakhir, Harga Emas Dunia Tembus ke Atas US$ 2.350

Impor perak India melonjak 260% pada bulan Februari ke rekor tertinggi, karena bea masuk yang lebih rendah mendorong pembelian dalam jumlah besar dari Uni Emirat Arab.

Indeks ekuitas global naik sedikit pada hari Senin. Sementara saham-saham Wall Street melemah karena imbal hasil obligasi AS mencapai level tertinggi sejak akhir November dan optimisme investor terhadap prospek penurunan suku bunga The Fed berkurang.

Di tempat lain, harga perak di pasar spot stabil di US$27,85 per ons troi, platinum naik 0,9% menjadi US$966,71 dan paladium naik 0,8% menjadi US$1.050,76.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×