kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Kembali Mendekati US$ 2.000 Per Ons Troi, Simak Prospeknya di Sisa 2023


Rabu, 26 April 2023 / 17:23 WIB
Harga Emas Kembali Mendekati US$ 2.000 Per Ons Troi, Simak Prospeknya di Sisa 2023
ILUSTRASI. Emas batangan. REUTERS/Siphiwe Sibeko


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas dunia diperdagangkan di dekat US$ 2.000 per ons troi pada Rabu (26/4). Berdasarkan data tradingeconomics.com, harga emas dunia berada di US$ 1.999,8 per ons troi per pukul 16.44 WIB, naik tipis dari penutupan hari sebelumnya di US$ 1.997,3 per ons troi.

Meski agak turun, harga emas tetap berada di level yang tinggi. Sebagai pengingat, sebelum libur Lebaran, harga emas dunia sempat berada di sekitar US$ 2.050 per ons troi.

Presiden Komisaris HFX International Berjangka Sutopo Widodo mengatakan, kenaikan emas didorong oleh adanya kekhawatiran terhadap sektor keuangan dan ketidakpastian ekonomi global. Sentimen tersebut mengangkat permintaan untuk aset safe-haven.

Kekhawatiran bahwa Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) dapat mencapai batas utangnya dalam beberapa bulan mendatang juga mendorong investor untuk menghindari treasury tertentu dan beralih ke aset lain.

Baca Juga: Harga Emas Stabil Menjelang Rilis Data Inflasi AS dan Rapat FOMC

"Investor sekarang menunggu lebih banyak data AS pekan ini sebagai petunjuk lebih lanjut tentang keadaan ekonomi, termasuk indeks inti PCE dan angka pertumbuhan ekonomi," tutur Sutopo saat dihubungi Kontan.co.id, Rabu (26/4).

Sementara itu, Chief Analyst DCFX Futures Lukman Leong melihat, harga emas saat ini cenderung berkonsolidasi. Pasalnya, para investor cenderung bersikap wait and see sambil menantikan data ekonomi penting.

Sebut saja pertumbuhan ekonomi kuartal I-2023 serta pertemuan bank sentral untuk menentukan kebijakan moneternya. Selama sepekan terakhir, harga emas lebih digerakkan oleh short-term trader.

Untuk ke depannya, harga emas diperkirakan masih akan terus naik oleh pembelian bank sentral di tengah usaha mengalihkan sebagian cadangan devisa mereka ke emas. "Data terakhir menunjukkan 33% permintaan emas bulanan berasal dari bank sentral yang merupakan yang tertinggi sejak 1950," ucap Lukman.

Baca Juga: Harga Emas Menguat Tipis, Investor Menunggu Data Ekonomi Sebelum Rapat The Fed

Menurutnya, emas masih menarik untuk dibeli seiring dengan kebijakan bank sentral AS The Fed yang masih akan menaikkan suku bunga acuannya. Potensi koreksi harga emas ke kisaran US$ 1.950 per ons troi dapat menjadi peluang untuk kembali masuk.

Lukman memperkirakan, harga emas akan mencapai US$ 2.100-US$ 2.200 per ons troi pada akhir tahun ini. Sementara itu, Sutopo memprediksi, emas akan diperdagangkan pada US$ 1.844,68 per ons troi pada akhir kuartal ini dan US$ 1.779,15 dalam waktu 12 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×