kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hanya Rp 10.000, lender KoinWorks bisa berinvestasi di Mandiri Manajemen Investasi


Rabu, 10 Juni 2020 / 19:01 WIB
Hanya Rp 10.000, lender KoinWorks bisa berinvestasi di Mandiri Manajemen Investasi
ILUSTRASI. Dengan Rp 10.000, lender atau user KoinWorks bisa mulai berinvestasi di reksadana pasar uang MMI.


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hanya dengan Rp 10.000, lender atau user KoinWorks bisa mulai berinvestasi di reksadana pasar uang milik Mandiri Manajemen Investasi (MMI). Adapun dana yang diinvestasikan berasal dari dana yang sudah mengendap atau idle fund milik user di KoinWorks selama dua hari.

Nantinya, pengelolaan dana lender KoinWorks akan secara otomatis diinvestasikan ke instrumen pasar modal Reksa Dana Mandiri Investasi Pasar Uang 2 (MIPU2) dengan proses transaksi T+0. Lender juga tidak akan dikenakan biaya pada saat transaksi pembelian MIPU 2, hanya saja pada saat redemption akan dikenakan biaya Rp 5.000 per withdrawal.

"Saat ini kami baru bekerjasama dengan MMI saja. Jadi saat ada idle fund lender yang mengendap selama dua hari di KoinWork akan secara otomatis diinvestasikan ke MIPU2," ungkap Chief of Marketing Communication Officer KoinWorks, Jonathan Bryan, Rabu (10/6).

Baca Juga: MMI menargetkan tambahan 10.000 user retail baru dari kerjasama dengan KoinWorks

Sebagai informasi, rata-rata produk yang ditransaksikan di KoinWorks minimal sebesar Rp 100.000 per transaksi. Adapun pada kuartal I-2020, rata-rata idle fund yang dibayarkan atau disbursment berkisar hingga Rp 2 miliar. Jumlah tersebut bisa berubah-ubah tergantung aktivitas transaksi user.

KoinWorks berharap kerja sama dengan MMI bisa meningkatkan kredibilitas sekaligus mendorong pertumbuhan investor pasar modal di Indonesia. Kerja sama ini pun memungkinkan lender KoinWorks untuk menjadi investor pasar modal hanya dengan menggunakan satu platform keuangan.

Saldo kas lender yang tersedia akan diinvestasikan dalam bentuk instrumen reksadana MIPU2 dengan fitur T+0 dan disimpan dan dicatat oleh Bank Kustodian Standard Chartered yang telah berizin dan diawasi OJK. Adapun pemilihan instrumen reksadana jenis pasar uang ini dilakukan untuk menstimulasi ketertarikan lender menjadi investor pasar modal atau reksadana jenis lain. "Kami percaya, selain menawarkan alternatif pendanaan di sektor produktif, pertumbuhan investor di pasar modal yang dapat dilihat dari pertumbuhan kepemilikan Single Investor Identification (SID) di Indonesia juga perlu ditingkatkan untuk mendorong perwujudan inklusi keuangan di Indonesia," ungkap Benedicto.

Baca Juga: Mandiri Manajemen Investasi tak ubah target dana kelolaan 2020 meski ada corona

Direktur Mandiri Manajemen Investasi Endang Astharanti dan Jonathan mengaku tengah merancang kerjasama lebih lanjut. Lender KoinWorks bakal bisa berinvestasi di produk reksadana lain.

Sebagai informasi, per hari ini (10/6), total users KoinWorks lebih dari 450.000. Jonathan menambahkan, selama periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) penggunaan user telah meningkat hingga 40% dari aktivitas normal sebelumnya. Bahkan, selama pandemi Covid-19 menyerang, jumlah borrower justru meningkat di tengah aktivitas bisnis merchant yang lesu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×