kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MMI menargetkan tambahan 10.000 user retail baru dari kerjasama dengan KoinWorks


Rabu, 10 Juni 2020 / 18:35 WIB
MMI menargetkan tambahan 10.000 user retail baru dari kerjasama dengan KoinWorks
ILUSTRASI. Lender KoinWorks bisa menginvestasikan dana yang mengendap di reksadana pasar uang milik MMI.


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI) menargetkan penambahan 10.000 user baru di segmen retail lewat kerja sama dengan PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks). Apalagi, hanya dengan Rp 10.000, lender atau user KoinWorks bisa menginvestasikan dana yang mengendap atau idle fund-nya di reksadana pasar uang milik MMI.

Upaya tersebut sejalan dengan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang melarang nasabah untuk mengendapkan saldo kasnya lebih dari dua hari di akun peer to peer  (P2P) lending.

Direktur Utama MMI Alvin Pattisahusiwa menjelaskan bahwa produk MIPU2 merupakan salah satu produk unggulan dengan likuiditas yang tinggi dan waktu transaksi T+0 atau same day settlement, artinya pencairan bisa dilakukan di hari yang sama. "Produk ini sangat cocok menjadi underlying otomatisasi reksadana bagi pendana (lender)," jelas Alvin saat peluncuran kerjasama, Rabu (10/6).

Baca Juga: Mandiri Investasi kantongi Rp 1,4 triliun dari reksadana terproteksi hingga Maret

Ditambahkan bahwa proses yang mulus akan memudahkan user untuk menjadi lender sekaligus investor. Jika nantinya lender hendak melakukan pendanaan, dana dapat langsung digunakan tanpa perlu mencairkan reksadana terlebih dahulu.

Selanjutnya, kepemilikan unit reksadana akan secara otomatis berkurang sesuai dengan jumlah pendanaan yang dilakukan. Jumlah pendanaan dihitung berdasarkan jumlah unit reksadana yang dikalikan dengan harga nilai aktiva bersih (NAB) per unit untuk hari tersebut. Dilihat dari segi user experience, lender tidak akan merasakan adanya perbedaan sama sekali dengan sistem yang sudah berjalan sebelumnya. "Kami memberikan kemudahan dengan melakukan proses otomatisasi yang hassle-free pada hal ini," tambah CEO&Co Founder KoinWorks Benedicto Haryono.

Baca Juga: KoinWorks telah salurkan pinjaman Rp 2,13 triliun hingga April

Direktur Mandiri Manajemen Investasi Endang Astharanti mengatakan, hingga Selasa (9/6) kinerja year to date (ytd) untuk MIPU2 yakni 2,28%. Hingga akhir tahun, produk MIPU2 berpotensi memberikan return di kisaran 4,5% hingga 5,5% di tengah tren suku bunga rendah saat ini.

Adapun untuk kontribusi dana kelolan atau asset under management (AUM) dari kerjasama antara MMI dengan KoinWorks diperkirakan tidak terlalu besar, mengingat ticket size dari investor retail tidak begitu besar. Hingga saat ini, Asti mengungkapkan total dana kelolaan MIPU2 per Mei mencapai Rp 51 miliar.

"Produk ini cukup likuid dan AUMnya bergerak cukup cepat di rentang Rp 50 miliar hingga Rp 100 miliar. Hingga akhir tahun, targetnya bisa mencapai Rp 200 miliar, namun dengan melihat pergerakannya saat ini, maksimum bisa mencapai Rp 100 miliar dan harapan ke depan masih akan naik," papar wanita yang akrab disapa Asti tersebut, Rabu (10/6).  

Disamping itu dari sisi users, MMI mengharapkan penambahan sebanyak 10.000 user baru di segmen retail investor yang masuk dari kerjasama dengan KoinWorks.

Baca Juga: KoinWorks kembali raih pendanaan senilai US$ 10 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×