kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garudafood Akan Akuisisi Saham Suntory Garuda Beverage, Begini Tanggapan Analis


Senin, 01 Januari 2024 / 16:00 WIB
Garudafood Akan Akuisisi Saham Suntory Garuda Beverage, Begini Tanggapan Analis
ILUSTRASI. PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) akan mengakuisisi 75% saham Okky Jelly Drink dan Mountea PT Suntory Garuda Beverage (SGB) dari Great Wall Capital. KONTAN/Baihaki/14/04/


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten yang bergerak di industri makanan dan minuman dalam kemasan, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) akan mengakuisisi 75% saham Okky Jelly Drink dan Mountea PT Suntory Garuda Beverage (SGB) dari Great Wall Capital, yang sebelumnya sudah mengakuisisi sebesar 25%. 

Dengan begitu, GOOD akan mengakuisisi seluruh saham Suntory Garuda Beverage milik equity asal Cina, Great Wall Capital Pte Ltd. Adapun penandatanganan transaksi jual beli tersebut dilakukan pada Kamis (28/12). 

Menanggapi hal tersebut, CEO Edvisor, Praska Putrantyo melihat proyeksi kinerja emiten GOOD pasca akuisisi 100% saham Suntory Garuda Beverage, diperkirakan memberikan dampak positif pada emiten GOOD.

Baca Juga: Garudafood (GOOD) Akan Akuisisi 75% Saham Suntory Garuda Beverage

Praska mengatakan, adanya dampak positif tersebut di dorong oleh kontribusi pendapatan dari segmen minuman yang mendekati 10% terhadap total penjualan emiten GOOD, serta mendorong sinergi yang lebih optimal.

“Terlebih di tengah tren perlambatan pertumbuhan penjualan tahunan (year on year) dari emiten GOOD di sepanjang 2023 hingga Q3 2023,” ujar Praska kepada Kontan.co.id, Senin (1/1). 

Sementara itu, Head Customer Literation and Education Kiwoom Sekuritas, Oktavianus Audi mengatakan adanya akuisisi 100% saham SGB yang dilakukan GOOD, akan membawa dampak positif bagi perseroan. Pasalnya, hal itu akan berdampak pada pengembangan bisnis GOOD dengan mendapatkan penambahan portofolio produk.

“Khususnya di minuman seperti Okky Jelly dan Mountea,” ujarnya, kepada Kontan.co.id, Jumat (30/12). 

Meski demikian, menurut Audi untuk tahun 2024 ini dengan mulai diberlakukannya cukai minuman berpemanis, dikhawatirkan juga akan berdampak pada penjualan seiring dengan potensi terjadinya kenaikan harga barang. 

Alhasil, dia belum bisa memberikan penilaian lebih jauh atau merekomendasikan saham GOOD kepada para investor, akan tetapi dia memberikan target harga Rp 590 per saham.

Namun demikian, Garudafood tidak menyebutkan nilai transaksi. Meski begitu, rencana transaksi akuisisi ditargetkan bisa rampung pada tahun ini, dengan tunduk pada pemenuhan persyaratan pendahuluan penyelesaian berdasarkan perjanjian. 

 

Suntory Garuda Beverage merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri minuman ringan. Sehingga rencana transaksi ini akan memberikan dampak positif, atas keberlangsungan dan pengembangan bisnis perseroan di sektor makan dan minuman.

Sebagai informasi, SGB memproduksi beragam produk minuman. Berbagai produk minuman tersebut seperti Okky Jelly, teh dalam kemasan Mountea, teh dalam botol MYTEA, air dengan vitamin, Good Mood, dan jus blackcurrant Ribena. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×