kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Garudafood (GOOD) Akan Akuisisi 75% Saham Suntory Garuda Beverage


Kamis, 28 Desember 2023 / 17:35 WIB
Garudafood (GOOD) Akan Akuisisi 75% Saham Suntory Garuda Beverage
ILUSTRASI. Garudafood Putra Putri Jaya (GOOD) akan mengakuisisi 75% saham Suntory Garuda Beverage (SGB) dari Great Wall Capital.


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten yang bergerak di industri makanan dan minuman dalam kemasan, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD) akan mengakuisisi 75% saham Okky Jelly Drink dan Mountea PT Suntory Garuda Beverage (SGB) dari Great Wall Capital. 

“Adanya transaksi ini akan membuat Garudafood menguasai mayoritas saham SGB, dari sebelumnya yang hanya minoritas,” kata Sekretaris Perusahaan Garudafood Putra Putri Jaya I Made Astawa dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (28/12).

Made menyebut, GOOD akan mengakuisisi seluruh saham Suntory Garuda Beverage milik equity asal Cina, Great Wall Capital Pte Ltd. Adapun penandatanganan transaksi jual beli tersebut dilakukan pada Kamis (28/12). 

Garudafood tidak menyebutkan nilai transaksi. Meski begitu, rencana transaksi akuisisi ditargetkan bisa rampung pada 2024 mendatang, dengan tunduk pada pemenuhan persyaratan pendahuluan penyelesaian berdasarkan perjanjian. 

Baca Juga: Garudafood Putra Putri Jaya (GOOD) Kejar Kenaikan Penjualan Saat Natal dan Tahun Baru

“Suntory Garuda Beverage merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri minuman ringan. Sehingga rencana transaksi ini akan memberikan dampak positif, atas keberlangsungan dan pengembangan bisnis perseroan di sektor makan dan minuman,” kata Astawa. 

Astawa berharap dengan adanya transaksi tersebut bisa meningkatkan kinerja Garudafood secara konsolidasi. Transaksi tidak memiliki dampak negatif terhadap kegiatan operasional, hukum, dan kondisi keuangan atau kelangsungan usaha Garudafood. 

Dia menambahkan bahwa aksi korporasi ini diprediksi bisa membawa dampak positif bagi GOOD. Garudafood akan mendapatkan tambahan portofolio produk kategori minuman, dan melakukan ekspansi operasional secara konsolidasi.

Baca Juga: Begini Strategi Garudafood (GOOD) Hadapi Potensi Bisnis pada Tahun 2024

“Transaksi akuisisi ini bukan termasuk afiliasi dan tidak masuk dalam kategori benturan kepentingan berdasarkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” kata dia. 

SGB memproduksi beragam produk minuman. Berbagai produk minuman tersebut seperti Okky Jelly, teh dalam kemasan Mountea, teh dalam botol MYTEA, air dengan vitamin, Good Mood, dan jus blackcurrant Ribena. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×