kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

EMTK dkk suntik US$ 175 juta untuk Property Guru


Selasa, 09 Juni 2015 / 15:48 WIB
ILUSTRASI. 4 Manfaat Eksfoliasi Wajah Pada Malam Hari, Apa Saja?


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Elang Media Teknologi Tbk (EMTK) memperkuat portofolio bisnisnya di bidang periklanan. Setelah mengakuisisi 18,8% saham perusahaan periklanan properti berbasis internet, Property Guru Pte., Ltd., EMTK bersama konsorsium strategis menyuntik dana ke perusahaan berbasis di Singapura itu sebesar S$ 175 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun.

Konsorsium investasi ini terdiri dari EMTK, firma investasi TPG, dan firma modal ventura teknologi Asia Pasifik SquarePeg Capital. Suntikan dana dari tiga investor ini bakal digunakan untuk pengambangan teknologi Property Guru di Asia Tenggara.

Informasi saja, Property Guru merupakan induk perusahaan "rumah.com". Saat ini, portal properti itu sudah menjaring pasar di Singapura, Thailand, dan Indonesia. Secara bulanan, portal online ini sudah dikunjungi lebih dari 11 juta pelanggan dan 28% pertumbuhan lalu lintas per tahun. Nilai transaksi real estat yang diperdagangkan melalui Property Guru diestimasikan mencapai S$ 4 miliar per tahun.

"Investasi ini akan digunakan utnuk memperoleh potensi pasar properti Asia Tenggara dan pengembangan untuk memperluas agenda regional," ujar Steve Melhuish, CEO Property Guru, dalam keterangan resmi, Selasa (9/6).

Wakil Direktur Utama Emtek Grup, Sutanto Hartono menyatakan, EMTK saat ini akan fokus untuk berinvestasi pada teknologi-teknologi yang dapat membangun usaha secara luas. "Investasi di Property Guru memberikan kesempatan untuk memperdalam bisnis iklan online," ujarnya.

Sebelumnya, EMTK juga pernah berinvestasi di perusahaan media periklanan ruang, Plan B Media Co. Ltd. Namun belakangan, EMTK mendivestasi sebagian saham itu.

Perseroan telah menjual 14,8% sahamnya di perusahaan Thailand tersebut. Divestasi ini dilakukan melalui penjualan saham di Plan B Investments Holding Limited dan Outdoor Media Investment Limited yang berkedudukan di Hongkong. Nilai divestasi itu mencapai US$ 21,55 juta. Sebelumnya, EMTK memiliki 30% kepemilikan di sana. Dengan begitu, kepemilikan EMTK di Plan B Media tinggal 15,2%.

Tahun ini, EMTK menargetkan pertumbuhan pendapatan di atas industri. Tahun 2014 lalu, perseroan meraup pendapatan Rp 6,52 triliun. Lalu di tahun ini, EMTK menargetkan bisa mengantongi pendapatan di atas Rp 7,23 triliun. Pendapatan paling besar tetap akan disumbang dari media televisi miliknya, SCTV dan Indosiar.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×