kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dow Jones melaju, IHSG masih terbatas


Jumat, 27 Januari 2017 / 10:43 WIB
Dow Jones melaju, IHSG masih terbatas


Reporter: Dityasa H Forddanta, Sandy Baskoro | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Pasar saham domestik mulai bergairah. Pangkalnya adalah Wall Street. Pada penutupan Rabu (26/1), Dow Jones Industrial Average (DJIA) menembus level 20.068,51.

Ini merupakan posisi tertinggi indeks Dow Jones sepanjang sejarah, menyusul ekspektasi membaiknya perekonomian AS. "Untuk short term, IHSG akan mengikuti penguatan pasar AS," tandas analis Semesta Indovest Aditya Perdana Putra kepada KONTAN, kemarin.

Dalam time frame ini, IHSG berpotensi menyentuh level 5.400. Sebab, ketika Dow Jones naik, secara psikologis pasar melihat perbaikan ekonomi AS. Tentu ini berefek ke emerging market. Ini terlihat dari bursa saham Asia yang mengekor Dow Jones.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin menguat 0,45% ke 5.317,63. Demikian pula bursa saham Asia lain. Misal, indeks Nikkei naik 1,58%, Kospi naik 0,67% dan Hang Seng naik 1,33%.

IHSG menghijau lantaran pasar melihat ekspektasi perbaikan makro dalam negeri, terutama di sektor komoditas dan industri dasar. Kedua sektor ini cukup diuntungkan dengan gencarnya rencana ekspansi industri di AS. Ekspor pun bisa menguat, sehingga rupiah lebih stabil.

"Karena tekanan utang pemerintah bisa dikurangi dan diharapkan lembaga rating internasional S&P menaikkan outlook investment Indonesia," jelas Aditya.

Namun, upside IHSG juga masih terbatas. Pasalnya, kenaikan indeks Dow Jones di sisi lain mengindikasikan dana asing keluar dari emerging market.

Capital inflow pun tertahan sehingga laju indeks melambat. "IHSG akan tetap sideways, antara level 5.000-5.500," ujar Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere, kemarin.

Dana asing di Bursa Efek Indonesia terus menyusut. Valuasi yang mahal, menurut Nico, juga turut membatasi laju indeks. Price earning ratio (PER) IHSG kemarin 15,2 kali. Sejak awal tahun hingga kemarin, asing pun mencetak net sell Rp 1,24 triliun.




TERBARU

[X]
×