kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diversifikasi Bisnis, Acset Indonusa (ACST) Bakal Garap Sektor Konstruksi Tambang


Jumat, 15 Maret 2024 / 15:09 WIB
Diversifikasi Bisnis, Acset Indonusa (ACST) Bakal Garap Sektor Konstruksi Tambang
ILUSTRASI. Presiden Direktur PT Acset Indonusa Tbk, Idot Supriadi, melakukan seremoni topping-off secara simbolis gedung Thamrin Nine Tower 1 pada Kamis, 15 Oktober 2020.


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Acset Indonusa Tbk (ACST) berencana melakukan diversifikasi bisnis ke sektor konstruksi pertambangan.

Melansir keterbukaan informasi di laman BEI, Jumat (15/3), ACST telah melakukan studi kelayakan untuk rencana penambahan kegiatan usaha, yaitu konstruksi bangunan sipil pertambangan, aktivitas penunjang pertambangan dan penggalian lainnya, serta aktivitas telekomunikasi khusus untuk keperluan sendiri.

Asal tahu saja, ACST semula memiliki usaha utama di bidang konstruksi gedung, konstruksi bangunan sipil, dan instalasi penunjangnya.

Baca Juga: Emiten Grup Astra Rampung Rilis Kinerja, Bisnis Otomotif Masih Dominan

Manajemen ACST mengatakan, ada beberapa alasan mengapa perseroan ingin melakukan diversifikasi bisnis. 

Untuk sektor konstruksi bangunan sipil pertambangan, ACST melihat bahwa industrinya tengah berkembang pesat, sehingga membutuhkan dukungan pemerintah dan sektor swasta.

 

Untuk sektor industri telekomunikasi khusus, ACST melihat perkembangan industri dan kebutuhan pasarnya masih terus berlanjut.

Untuk sektor penunjang pertambangan dan penggalian, perseroan dapat mengalami perkembangan pada industri ini dengan terus menerapkan inovasi, keberlanjutan, dan tata kelola yang baik.

Baca Juga: Acset Indonusa (ACST) Memacu Kontrak Baru Tahun Ini

“Namun, Perseroan tetap harus memperhatikan bahwa perkembangan usaha ini berarti perseroan akan memiliki pesaing-pesaing baru. Untuk meminimalisasi hal itu, Acset akan mulai menawarkan jasa ke perusahaan-perusahaan dalam satu grup dan pelanggan/rekanan,” tulis manajemen dalam keterbukaan informasi.

Dengan penambahan bisnis di sektor konstruksi pertambangan, total aset ACST diproyeksikan naik rata-rata sebesar 10,46% pada 2024-2028 dibandingkan tanpa penambahan.

Kenaikan tersebut diproyeksikan berasal dari akun kas dan setara kas, piutang usaha, uang muka pelanggan, pembayaran di muka, piutang retensi, hingga progres under construction.  

Baca Juga: Acset Indonusa (ACST) Raih Kontrak Baru Rp 2,41 Triliun hingga Kuartal III 2023

“Total aset pada periode 2028 diproyeksikan sebesar Rp 1,9 triliun dengan penambahan KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia), sementara tanpa KBLI diperkirakan sebesar Rp 17 triliun,” ungkap manajemen.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×