kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Dibayangi Pelemahan Rupiah, Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Selasa (27/9)


Selasa, 27 September 2022 / 05:35 WIB
Dibayangi Pelemahan Rupiah, Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham Selasa (27/9)


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,71% ke posisi 7.127,50 pada akhir perdagangan Senin (26/9). Pergerakan IHSG Selasa (27/9) masih akan dibayangi pelemahan nilai tukar rupiah.

Analis Sinarmas Sekuritas Mayang Anggita mengungkapkan, IHSG secara teknikal berpotensi melanjutkan pelemahan menuju MA60 di level 7.030 sampai dengan support level rendah sebelumnya 7.015. 

"Pelemahan ini merupakan koreksi wajar, mengingat IHSG telah rally sejak pertengahan Juli lalu," kata Mayang kepada Kontan.co.id, Senin (26/9). 

Baca Juga: Bursa Asia Kompak Melemah pada Senin (26/9), Tertekan Kenaikan Suku Bunga

Mayang bilang secara jangka panjang IHSG bergerak bullish dengan support berada di seputaran 6.792-6.735. Dia menyarankan investor bisa mencermati saham second liner atau third liner yang berkorelasi negatif terhadap pergerakan IHSG. 

Sementara, Analis Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan memproyeksikan IHSG berpotensi teknikal rebound si kisaran 7.150–7.180 pada hari ini. 

“IHSG masih dibayangi oleh kecenderungan pelemahan nilai tukar rupiah sejak keputusan the Fed untuk kembali menaikkan suku bunga acuan sebesar 75 bps,” papar Valdy.

Baca Juga: Wall Street Bergerak Mixed di Awal Pekan

Asal tahu saja, rupiah di pasar spot kemarin melemah 0,61% atau ke Rp 15.130 per dolar Amerika Serikat (AS). Hal ini dinilai memperbesar tekanan bagi Bank Indonesia untuk kembali menaikkan suku bunga acuan. 

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan menilai pergerakan IHSG esok masih akan akan dipengaruhi fluktuasi nilai tukar rupiah.

“Sementara dari global investor akan mencermati pidato dari ketua The Fed terkait perekonomian,” imbuh Dennies.

Baca Juga: Kurs Dolar AS Menguat Berkat Kenaikan Suku Bunga, IHSG Terkoreksi

Untuk perdagangan hari ini, Dennies merekomendasikan hold saham RALS, TKIM, dan SIDO. Dia juga menyarankan add WIIM dan sell ADRO

Sementara tops picks Valdy jatuh pada  saham-saham dengan potensi rebound, seperti TLKM, CTRA, ASII atau saham dengan indikasi bullish continuation, seperti BBCA, BBRI, BBNI, BMRI, dan KLBF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×