kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Deretan Emiten Ini Bakal Bagi Saham Bonus, Simak Rekomendasi Analis


Rabu, 22 Mei 2024 / 05:10 WIB
Deretan Emiten Ini Bakal Bagi Saham Bonus, Simak Rekomendasi Analis
ILUSTRASI. Deretan Emiten Ini Bakal Bagi Saham Bonus, Simak Rekomendasi Analis


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tak hanya cuan dari dividen tunai, pelaku pasar juga bisa memburu dividen saham alias saham bonus. Setidaknya sudah ada empat emiten yang siap menebar saham bonus kepada para investornya.

Emiten yang sudah mengantongi persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) adalah PT Sumber Global Energy Tbk (SGER).

Pemegang saham SGER menyetujui kapitalisasi agio saham sebesar Rp 561,12 miliar dengan cara membagikan sebanyak 11,22 miliar saham bonus.

Rasio saham bonus SGER adalah 7:18, yang artinya setiap pemegang tujuh saham lama akan memperoleh 18 saham baru. Cum saham bonus di pasar reguler dan negosiasi dijadwalkan pada 27 Mei 2024, sedangkan cum di pasar tunai pada 29 Mei 2024. Pembagian saham bonus berlangsung pada 14 Juni 2024.

Baca Juga: Kinerja Emiten Jalan Tol Bakal Terdorong Pemilu 2024, Simak Rekomendasi Analis

Emiten lain yang akan menebar saham bonus adalah PT Barito Pacific Tbk (BRPT). Emiten milik konglomerat terkaya di Indonesia, Prajogo Pangestu ini berencana membagi saham bonus dengan rasio 625:1, setiap 625 saham lama akan memperoleh satu lembar saham bonus. 

 

Pembagian saham bonus BRPT menjadi bagian dari pemenuhan kewajiban untuk mengalihkan saham treasuri hasil pembelian kembali (buyback) dengan jumlah sebanyak-banyaknya 150 juta saham. BRPT akan terlebih dulu meminta persetujuan RUPSL pada 14 Juni 2024.

"Dengan dilaksanakannya pembagian saham bonus kepada seluruh pemegang saham Perseroan secara proporsional, maka likuiditas saham akan meningkat yang diharapkan akan memberikan dampak positif atas kinerja perdagangan saham Perseroan," ungkap manajemen BRPT dalam keterbukaan informasi, 8 Mei 2024.

Selain BRPT dan SGER, saham bonus juga akan dibagikan oleh PT Utama Radar Cahaya Tbk (RCCC) dengan rasio dividen saham 15:1 dan PT Hoffmen Cleanindo Tbk (KING) dengan rasio saham bonus 20:17.

Baca Juga: Saham Emiten Perhotelan Menghijau Jelang Nataru, Simak Rekomendasi Analis

Investment Consultant Reliance Sekuritas Indonesia, Reza Priyambada melihat pembagian saham bonus memberi sinyal yang bagus kepada pasar. Namun seberapa signifikan daya tarik yang bisa dihasilkan akan tergantung dari persentase rasio pembagian dan likuiditas dari saham tersebut.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus sepakat, saham bonus bisa menjadi tambahan pemanis terhadap saham emiten tersebut. Apalagi saham bonus menambah jumlah saham yang beredar sehingga bisa meningkatkan likuiditas. 

"Namun semuanya akan kembali kepada fundamental perusahaan setelah aksi tersebut dan seperti apa potensi valuasinya," kata Nico kepada Kontan.co.id, Selasa (21/5).




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×