kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cashlez Worldwide (CASH) optimistis capai target di tengah pandemi, berikut kuncinya


Jumat, 29 Mei 2020 / 15:35 WIB
Cashlez Worldwide (CASH) optimistis capai target di tengah pandemi, berikut kuncinya
ILUSTRASI. (kiri ke kanan) : Steven Samudera, Komisaris Cashlez, Leny Tan, CRO Cashlez dan Teddy Tee, CEO Cashlez.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai bidang usaha, tidak terkecuali emiten bidang jasa finansial teknologi dan pembayaran digital PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk. Akan tetapi, emiten dengan kode saham CASH itu masih optimistis target-targetnya akan tercapai di tahun 2020 ini. 

CASH membidik pendapatan bersih hingga Rp 255,36 miliar sepanjang tahun 2020. Sementara itu, rugi bersih diharapkan bisa ditekan menjadi Rp 6,14 miliar.

Dalam prospektusnya, per 31 Oktober 2019 CASH mengantongi pendapatan bersih hingga Rp 11,73 miliar. Sementara rugi bersih periode berjalan hingga Rp 8,75 miliar.

Baca Juga: Akrab dengan Saham Sejak Kecil, CEO Cashlez Teddy Setiawan Pernah Rugi Besar

Optimisme CASH didorong oleh akuisisi CASH terhadap PT Softorb Technology Indonesia (STI) yang sudah dilakukan 4 Mei 2020 yang lalu. 

"Sudah sah menjadi pemegang saham mayoritas di STI," jelas Tee Teddy Setiawan, Presiden Direktur PT Cashlez Worldwide Indonesia Tbk, Kamis (29/5). 
Menilik prospektusnya, CASH mengambil alih 1.020 saham atau setara 51% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh STI. 

Aksi akuisisi terhadap STI didanai dari hasil initial public offering (IPO) pada 27 April yang lalu. CASH melepas 250 juta saham biasa atas nama atau sekitar 17,507% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Adapun setiap saham ditawarkan dengan harga Rp 350, sehingga total dana yang dihimpun CASH mencapai Rp 87,5 miliar. Sebesar 61,31% dari dana itu dimanfaatkan untuk akuisisi. 

Asal tahu saja, STI adalah penyedia solusi teknologi informasi yang berfokus pada RFID dan teknologi smart card untuk pembayaran, identifikasi, akses kontrol, dan lainnya. Dengan mengakuisisi STI diharapkan fitur-fitur yang ditawarkan dan cara pembayan non-tunai yang disediakan CASH kepada pelanggannya akan semakin lengkap dan beragam. 

Selain itu, tahun ini CASH mulai merambah business payment. Pada Juni 2020 mendatang pilot project dengan  satu atau dua perusahaan akan dilakukan. 

Apabila berjalan lancar, CASH akan menggaet lebih banyak pelanggan untuk bisnis payment ini, utamanya kepada pelanggan-pelanggan eksisting. Adapun perusahaan-perusahaan yang dibidik seperti Fast Moving Consumer Goods (FMCG), asuransi, dan platform e-commerce.  




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×