kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bursa Australia Ditutup Tergelincir Rabu (20/3), Saham Perbankan Berbelok Arah


Rabu, 20 Maret 2024 / 13:50 WIB
Bursa Australia Ditutup Tergelincir Rabu (20/3), Saham Perbankan Berbelok Arah
ILUSTRASI. An investor is reflected in a window displaying a board showing stock prices at the Australian Securities Exchange (ASX) in Sydney, Australia, July 17, 2017. REUTERS/Steven Saphore


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Bursa saham Australia ditutup sedikit lebih rendah pada hari Rabu (20/3), setelah melayang di wilayah positif untuk sebagian besar sesi hari ini.

Saham bank-bank kelas berat membalikkan kenaikan di akhir perdagangan untuk memimpin penurunan menjelang keputusan kebijakan penting The Fed.

Melansir Reuters, indeks S&P/ASX 200 berakhir 0,1% lebih rendah pada 7.695,80. Indeks acuan tersebut bertambah 0,4% pada hari Selasa.

Baca Juga: Bursa Asia Naik Mengekor Penguatan Wall Street, Fokus Investor Pada Pertemuan The Fed

Saham sektor keuangan yang sensitif terhadap suku bunga termasuk di antara hambatan terbesar, turun 0,2% setelah naik sebanyak 0,9% pada hari sebelumnya.

Sub-indeks ini turun 0,5% pada hari Selasa setelah bank sentral Australia mempertahankan suku bunga tidak berubah dan melunakkan bias pengetatan, menunjukkan peningkatan keyakinan bahwa inflasi kembali ke targetnya seiring melambatnya perekonomian.

Saham pemberi pinjaman ANZ Group dan manajer investasi Macquarie Group menjadi kelompok yang mengalami kerugian terbesar di antara sektor keuangan, masing-masing turun 0,4% dan 0,3%.

Fokus pasar tertuju pada pernyataan kebijakan Federal Open Market Committee (FOMC) dan konferensi pers Ketua The Fed Jerome Powell yang akan dirilis hari ini.

"Meskipun FOMC telah memperjelas bahwa mereka belum siap untuk menurunkan suku bunga... revisi perkiraan suku bunga dan perekonomian akan memberikan panduan yang jelas mengenai waktu yang paling mungkin untuk melakukan pelonggaran dan keseimbangan risiko," tulis analis di Westpac.

Di Sydney, saham-saham penambang emas turun sebanyak 2,4%, dengan saham-saham kelas berat seperti saham lokal Newmont Corp dan Northern Star Resources masing-masing kehilangan 2,7% dan 3,2%. Harga emas terikat pada kisaran menjelang keputusan kebijakan Fed.

Baca Juga: Wall Street Menguat, Investor Menanti Hasil Pertemuan Federal Reserve

Indeks pertambangan yang lebih luas turun lebih rendah, dengan South32 berakhir 4,2% lebih rendah setelah perusahaan tersebut menarik perkiraan fiskal tahun 2024 untuk produksi mangan Australia.

Di tempat lain, saham lokal perusahaan pengemasan makanan Amcor Plc berakhir 3,3% lebih rendah setelah Chief Executive Ronald Delia mengumumkan pensiun.

Di Selandia Baru, indeks acuan S&P/NZX 50 naik 0,1% menjadi 11.832,71.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×