kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Menguat, Investor Menanti Hasil Pertemuan Federal Reserve


Rabu, 20 Maret 2024 / 05:00 WIB
Wall Street Menguat, Investor Menanti Hasil Pertemuan Federal Reserve
ILUSTRASI. Indeks utama Wall Street ditutup menguat pada akhir perdagangan Selasa (19/3). REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks utama Wall Street ditutup menguat pada akhir perdagangan Selasa (19/3). Investor menanti kesimpulan pertemuan kebijakan Federal Reserve pada Rabu pekan ini untuk mendapat petunjuk mengenai arah suku bunga.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average naik 320,33 poin, atau 0,83% ke level 39.110,76, S&P 500 naik 29,09 poin, atau 0,56% ke level 5.178,51 dan Nasdaq Composite naik 63,34 poin, atau 0,39% ke level 16.166,79.

Dari 11 sektor industri utama S&P 500, hanya sektor layanan komunikasi yang melemah dan sektor ini ditutup turun 0,2% setelah reli hampir 3% pada hari Senin.

Sektor energi memimpin kenaikan, naik 1,1% seiring naiknya harga minyak.

Baca Juga: Wall Street Tertekan Menjelang Pertemuan The Fed

Volume perdagangan saham di bursa AS mencapai 10,74 miliar saham dengan rata-rata 12,37 miliar saham dalam 20 hari perdagangan terakhir.

Saham Nvidia keluar dari zona merah dan ditutup menguat 1% setelah mengungkapkan rencana penetapan harga dan pengiriman untuk chip kecerdasan buatan Blackwell B200, yang disebut bisa 30 kali lebih cepat daripada chip saat ini.

Michael James, direktur pelaksana perdagangan ekuitas di Wedbush Securities di Los Angeles mengaitkan kenaikan keseluruhan pada hari Selasa dengan membaiknya sentimen setelah saham Nvidia berbalik seiring dengan berlanjutnya sikap bullish terhadap arah perekonomian.

“Anda terus melihat uang masuk ke pasar dan bukan hanya teknologi,” kata James. 

“Hal ini tentu membantu ketika Anda melihat nama-nama perusahaan teknologi berkapitalisasi besar saat ini seperti Nvidia menunjukkan kekuatan relatif sejak pembukaannya. Namun hal ini melanjutkan tema bullish secara keseluruhan yang telah berlangsung sejak tahun dimulai.”

Investor bersiap sehari menjelang pengumuman kebijakan The Fed, termasuk konferensi pers dari Gubernur The Fed Jerome Powell. 
Data inflasi yang kuat telah menarik kembali spekulasi penurunan suku bunga pertama pada bulan Juni menjadi sekitar 59% dari sekitar 69% pada awal minggu lalu, menurut CME FedWatch Tool.

“Ada optimisme bahwa The Fed tidak akan memberikan kejutan besar pada hari Rabu ini,” kata Gene Goldman, kepala investasi di Cetera Investment Management. 

"Kami pikir masih ada tiga pemangkasan suku bunga yang mungkin dilakukan."

Baca Juga: Wall Street Naik, Investor Menanti Pertemuan The Fed Pekan Ini

Namun, Goldman masih melihat Powell mengingatkan pasar bahwa dia berhati-hati terhadap inflasi dan bahwa kebijakan akan bergantung pada data ekonomi dan mengharapkan bank sentral memperbarui proyeksi inflasi dan pertumbuhan ekonominya.

Di antara penggerak lainnya, operator pertukaran kripto Coinbase Global turun hampir 4% sementara penambang Riot Platforms turun hampir 3% seiring dengan penurunan bitcoin sebesar 5%.

Investor bersiap sehari menjelang pembaruan kebijakan The Fed, termasuk konferensi pers dari Ketua Jerome Powell. Data inflasi yang kuat telah menarik kembali spekulasi penurunan suku bunga pertama pada bulan Juni menjadi sekitar 59% dari sekitar 69% pada awal minggu lalu, menurut CME FedWatch Tool.

“Ada optimisme bahwa The Fed tidak akan memberikan kejutan besar pada hari Rabu ini,” kata Gene Goldman, kepala investasi di Cetera Investment Management. "Kami pikir masih ada tiga pemotongan yang mungkin dilakukan."

Namun, Goldman masih melihat Powell mengingatkan pasar bahwa dia berhati-hati terhadap inflasi dan bahwa kebijakan akan bergantung pada data ekonomi dan mengharapkan bank sentral memperbarui proyeksi inflasi dan pertumbuhan ekonominya.

Di antara penggerak lainnya, saham operator bursa kripto Coinbase Global turun hampir 4% sementara saham penambang Riot Platforms turun hampir 3% seiring dengan penurunan bitcoin sebesar 5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×