kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BUMN Desak DPR Segera Keluarkan Izin IPO


Selasa, 02 September 2008 / 18:48 WIB


Reporter: Andri Indradie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Pelepasan saham terkait proses divestasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Krakatau Steel (KS), PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, PTPN IV, dan PTPN VII melalui penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) masih tak kunjung jelas. Pasalnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) belum juga menentukan jadwal pembahasan divestasi itu dalam sidang mereka.

Hal ini tentunya membuat pihak BUMN merasa kecewa. "Berikan kami jadwal segera untuk membahas divestasi ini. Ini seperti menunggu tokek berbunyi," tukas Said Didu, Sekeretaris Kementerian Negara BUMN hari ini (2/9) di Jakarta. Said berharap, pembahasan divestasi ini diperlakukan sebagai tanggung jawab yang harus dilaksanakan demi kepentingan rakyat.

Namun menurut Drajat Wibowo Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), ada alasan kuat di balik penundaan tersebut. "Penundaan itu terjadi karena pasar yang belum kondusif dan kondisi psikologis rekan-rekan dalam membahas sesuatu yang sensitif," ujar Drajat kepada KONTAN. Drajat menjelaskan, masalah divestasi menyangkut masalah yang cukup krusial namun sensitif. Banyaknya kasus korupsi yang mendera DPR akhir-akhir ini mempengaruhi kondisi psikologis anggota dewan. Namun, Ketua Komisi XI Awal Kusuma memastikan, pembahasan mengenai divestasi tersebut akan segera dijadwalkan. "Kemungkinan akan segera kami bicarakan," ujarnya.

PTPN III Tetap Jalan, Meski Belum Ada Izin DPR

Meskipun DPR belum mengeluarkan izinnya, namun manajemen PTPN III berencana untuk terus menjalankan rencana IPO mereka. Menurut salah satu direksi PTPN III yang enggan disebut namanya, proses IPO PTPN III sudah sampai pada pengajuan penjamin emisi atau underwriter. Rencananya Kamis (4/9), Tim Privatisasi yang dipimpin oleh Direktur Keuangan PTPN III Johannes Sitepu, akan bertolak ke Jakarta. "Mereka akan rapat dan mengajukan nama-nama underwriter-nya," tandasnya hari ini. Menanggapi hal tersebut, Direktur Perencanaan dan Operasional PTPN III Chairul Muluk membenarkannya. "Ya, tim privatisasi akan rapat di Jakarta besok Kamis," katanya.

Sumber KONTAN itu juga mengatakan, underwriter yang akan diajukan terdiri dari tiga lembaga efek, yaitu Mandiri Sekuritas dan konsorsium antara Danareksa Sekuritas dengan Bahana Securities. Setelah diajukan, Kementerian Negara BUMN kemudian akan memilih yang terbaik antara Mansek atau konsorsium Danareksa dan Bahana untuk menjadi lead underwriter.

Setelah itu, bersama dengan PTPN III, lead underwriter akan menentukan dan membentuk konsorsium tunggal dengan underwriter asing. "Nah, jika terpilih, rencananya Mandiri Sekuritas akan menggandeng UBS dan konsorsium Danareksa-Bahana akan menggandeng Credit Suisse," bisik sumber KONTAN tersebut.

Menurut Vice President Investment Banking Danareksa Marciano, mereka memang mengikuti seluruh proses IPO PT Krakatau Steel, PTPN III, PTPN IV dan PTPN VII. Untuk IPO Krakatau dan PTPN VII, pihaknya bersaing sendirian. "Sedang untuk PTPN III, kami memang berkonsorsium dengan Bahana," katanya. Sedang Director Head of Investment Banking II Mandiri Sekuritas Iman Rachman menjelaskan, bahwa Mandiri Sekuritas memang akan berkonsorsium dengan UBS. "Tapi untuk konsorsium Danareksa dan Bahana, saya tidak tahu," jelas Marciano.

Adapun dari hajatan IPO itu, PTPN III menargetkan bisa meraup dana segar maksimal Rp 2 triliun. Direktur Perencanaan dan Operasional PTPN III Chairul Muluk mengatakan, proses IPO ini masih sesuai dalam target semula. "Saham yang akan dilepas maksimal 30% dan dana Rp 2 triliun itu untuk mengakuisisi tanah baru atau penambahan land bank, pembangunan pabrik kelapa sawit, penanaman kembali, dan rehabilitasi lahan," ujar Chairul.

Terkait dengan rencana target pelepasan saham, Direktur Keuangan PTPN III Johannes Sitepu menyatakan, jadwal road show  akan diserahkan sepenuhnya pada underwriter terpilih. "Sementara saya belum dapat mengatakan kapan waktu penawaran maupun road shownya," kata dia.

Namun, Sitepu sangat optimistis PTPN III tetap bisa IPO. Kapan waktunya, dia tidak menjelaskan. "Yang jelas, dengan kinerja saat ini kami yakin bisa," imbuhnya. Hingga semester I tahun ini, PTPN III telah mencatatkan pendapatan mencapai Rp 2,5 triliun atau naik 66,6% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,521 triliun. Adapun selama semester I tahun ini laba bersih PTPN III naik 154,67% dari Rp 208,07 miliar pada tahun 2007 menjadi Rp 529,90 miliar pada periode yang sama tahun 2008. 

Sementara itu, Norico Gaman Kepala Riset BNI Securities memperkirakan, pada akhir tahun ini pasar perkebunan akan baik. "Puncaknya pada bulan November-Desember," tandasnya. Dia menilai, harga produk pertanian terutama CPO akan menarik para investor besar untuk melakukan akumulasi pembelian saham guna memperkuat portofolio investasinya. Maka, dia berpesan divestasi BUMN harus dilakukan segera. "Jika DPR juga belum memberi izin, pemerintah tentu akan kehilangan momen. Padahal, IPO itu adalah kesempatan yang sangat baik untuk memperkuat pertanian Indonesia termasuk fundamental perusahaan BUMN sendiri," imbuh Norico.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×