kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,87   8,56   0.94%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beli atau jual?, ini rekomendasi untuk saham SSMS


Rabu, 14 Juni 2017 / 10:00 WIB
Beli atau jual?, ini rekomendasi untuk saham SSMS


Reporter: Hasyim Ashari | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) akan menggenjot produksi. Selain menanami lahan baru, SSMS juga akan mengakuisisi perkebunan yang ada di sekitar areal perkebunan dan pabrik.

Analis Mirae Asset Sekuritas Indonesia Andy Wibowo Gunawan mengatakan, akuisisi area tanam baru merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan anorganik jangka menengah dan panjang. "Akuisisi ini bertujuan untuk menjaga kualitas pengelolaan CPO dan efisiensi biaya transportasi," ujar Andy dalam risetnya.

Menurut Andy, strategi pertumbuhan anorganik ini membuka ruang pertumbuhan jangka panjang. Apalagi SSMS menargetkan area tanam naik menjadi 150.000 hektare (ha) pada 2018, dari 70.125 ha di akhir tahun 2016.

Menurut Novilya Wiyatno, analis Mega Capital Sekuritas, strategi SSMS sudah menjalankan strategi akuisisi perkebunan kelapa sawit sejak 2015. SSMS telah mengakuisisi empat perkebunan per akhir 2015.

Keempat perkebunan ini adalah PT Menteng Kencana Masa, PT Mirza Pratama Putra, PT Tanjung Sawit Abadi, dan PT Sawit Multi Utama. "Tujuannya untuk menopang pertumbuhan di 2017, yaitu dengan merealisasikan ekspansi lahan seluas 10.000 ha," ungkap Novilya dalam riset pada 5 Juni 2017.

SSMS juga masih memiliki 15.258 ha landbank, sehingga memungkinkan ekspansi untuk meningkatkan jumlah lahan tertanam. Profil tanaman SSMS juga masih muda, mengindikasikan tanaman sawit akan memasuki tahun puncak produksi dalam beberapa tahun ke depan. Lokasi perkebunan yang berdekatan satu sama lain serta berdekatan dengan lokasi pabrik pengolahan membuat pengangkutan lebih efisien.

Apalagi, lanjut Andy, SSMS berencana meningkatkan kapasitas pabrik. SSMS akan meningkatkan kapasitas pabrik sampai 600 ton per jam. Tahun lalu, kapasitas produksi baru 375 ton per jam.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Muhammad Nafan Aji bilang prospek harga komoditas crude palm oil (CPO) tahun ini akan membaik. Apalagi bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve berencana meningkatkan suku bunga acuan 25 basis poin. "Dollar AS akan terapresiasi terhadap beberapa mata uang lain, termasuk ringgit," kata Nafan kepada KONTAN, Selasa (15/6).




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×