kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak yang Turun Harga, Inilah Daftar Saham Blue Chip Layak Beli Menurut Analis


Jumat, 27 Oktober 2023 / 07:10 WIB
Banyak yang Turun Harga, Inilah Daftar Saham Blue Chip Layak Beli Menurut Analis
ILUSTRASI. Banyak yang Turun Harga, Inilah Daftar Saham Blue Chip Layak Beli Menurut Analis


Reporter: Recha Dermawan | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga saham blue chip di Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang melemah pada Oktober 2023. Jika Anda ingin berinvestasi saham blue chip, berikut daftar saham yang direkomendasikan beli oleh para analis.

Saham blue chip adalah saham lapis satu di bursa. Saham blue chip adalah jenis saham yang memiliki kapitalisasi pasar yang besar, mencapai puluhan triliun hingga ratusan triliun rupiah.

Mengutip MNC Sekuritas, saham blue chip memiliki beberapa karakteristik. Salah satunya adalah memiliki kapitalisasi besar. Nilai kapitalisasi suatu perusahaan mampu mencapai nilai triliunan rupiah. Besarnya kapitalisasi pasar ini mampu membuat investor sulit dalam memanipulasi harga.

Selain itu, saham blue chip juga memiliki likuiditas yang bagus. Biasanya likuiditas ini dipengaruhi oleh jumlah saham yang dimiliki publik atau beredar di bursa. Makin banyak kepemilikan saham publik, maka makin likuid pula saham tersebut.

Saham yang masuk ke dalam kategori blue chip biasanya juga telah sudah cukup lama lama terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan jangka waktu minimal lima tahun.

Oleh karena itu, saham blue chip cenderung bergerak steady dan tidak terlalu liar. Anda tidak perlu takut dalam berinvestasi di saham blue chip.

Pasalnya, perusahaan yang sahamnya tergolong blue chip bukan lagi perusahaan yang bertumbuh, tetapi sudah termasuk dalam perusahaan yang mapan dan kuat.

Saham jenis blue chip sangat cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang. Pada saat pergerakan market tidak menentu, saham Blue Chip biasanya cenderung stabil.

Bukan berarti saham blue chip tidak akan mengalami penurunan. Namun saham-saham blue chip biasanya paling cepat pulih dibandingkan saham small atau mid-caps.

Saham blue chip adalah jenis saham dari perusahaan dengan kondisi keuangan prima, serta biasanya beroperasi selama bertahun lamanya. Di Indonesia, saham-saham yang masuk dalam kategori blue chip berada pada daftar indeks LQ45.

Pada Kamis (26/10) indeks LQ45 turun 2,48%. Sementara dalam sepekan, indeks LQ45 tercatat turun sebanyak 3,90%.

Associate Director Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nicodemus mengatakan di tengah-tengah situasi dan kondisi pasar yang terkoreksi, tentu saja mencari saham saham yang memiliki fundamental bagus, serta punya potensi valuasi di masa yang akan datang, merupakan kesempatan yang bagus untuk saat ini.

Terutama perusahaan yang masuk ke dalam kategori blue chip.  Saham-saham blue chip yang direkomendasikan oleh Nico antara lain BBCA, BMRI, BBNI, BBRI, TLKM, ASII, dan ICBP.

 

Pengamat pasar modal dan lecturer Universitas Indonesia Budi Frensidy mengatakan, cukup banyak saham-saham blue chip saat ini yang murah dan tentunya menarik untuk dibeli. Asal dengan catatan, investor yang membeli harus tahan dan sabar untuk pegang saham tersebut minimal selama 6 bulan lamanya.

Saham-saham blue chip yang direkomendasikan oleh Budi antara lain ASII, ELSA, ERAA, AUTO, ITMG, dan ADRO. 

Itulah rekomendasi saham blue chip yang sedang turun harga. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×