kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Dalam Tren Naik, Analis Rekomendasi Beli 2 Saham Blue Chip Ini


Senin, 21 Agustus 2023 / 07:44 WIB
Harga Dalam Tren Naik, Analis Rekomendasi Beli 2 Saham Blue Chip Ini
ILUSTRASI. Harga Dalam Tren Naik, Analis Rekomendasi Beli 2 Saham Blue Chip Ini


Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Analis rekomendasi dua saham blue chip untuk perdagangan hari ini, Senin 21 Agustus 2023. Harga saham blue chip sedang dalam tren naik dan memiliki prospek bagus.

Saham blue chip adalah saham lapis satu di bursa. Saham blue chip adalah jenis saham yang memiliki kapitalisasi pasar yang besar, puluhan hingga ratusan triliun rupiah

Mengutip MNC Sekuritas, saham blue chip memiliki beberapa karakteristik. Salah satunya adalah memiliki kapitalisasi besar. Nilai kapitalisasi suatu perusahaan mampu mencapai nilai triliunan rupiah. Besarnya kapitalisasi pasar ini mampu membuat investor sulit dalam memanipulasi harga.

Selain itu, saham blue chip juga memiliki likuiditas yang bagus. Biasanya likuiditas ini dipengaruhi oleh jumlah saham yang dimiliki publik atau beredar di bursa. Makin banyak kepemilikan saham publik, maka makin likuid pula saham tersebut.

Saham yang masuk ke dalam kategori blue chip biasanya juga telah sudah cukup lama lama terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan jangka waktu minimal lima tahun.

Baca Juga: Simak Proyeksi IHSG dan Rekomendasi Saham untuk Senin (20/8) Hari Ini

Oleh karena itu, saham blue chip cenderung bergerak steady dan tidak terlalu liar. Anda tidak perlu takut dalam berinvestasi di saham blue chip.

Pasalnya, perusahaan yang sahamnya tergolong blue chip bukan lagi perusahaan yang bertumbuh, tetapi sudah termasuk dalam perusahaan yang mapan dan kuat.

Saham jenis blue chip sangat cocok untuk Anda yang ingin berinvestasi jangka panjang. Pada saat pergerakan market tidak menentu, saham Blue Chip biasanya cenderung stabil.

Bukan berarti saham blue chip tidak akan mengalami penurunan. Namun saham-saham blue chip biasanya paling cepat pulih dibandingkan saham small atau mid-caps.

Saham blue chip adalah jenis saham dari perusahaan dengan kondisi keuangan prima, serta beroperasi selama bertahun lamanya. Di Indonesia, saham-saham yang masuk dalam kategori blue chip berada pada daftar indeks LQ45.

Rekomendasi saham blue chip ini disampaikan Pengamat pasar modal dan Founder WH Project William Hartanto. Saham blue chip yang layak beli pada perdagangan hari ini adalah saham EXCL dan PGAS.

William rekomendasi beli saham EXCL dengan target harga Rp 2.500 per saham. Kemudian rekomendasi beli saham PGAS dengan target Rp 1.525 per saham.

Selain saham blue chip, William juga rekomendasi beli saham DSNG dengan target Rp 640 per saham.

Harga saham EXCL melompat tinggi pada perdagangan Jumat 18 Agustus 2023 ke level 2.420, naik 70 poin atau 2,98%. Dalam perdagangan 5 hari terakhir, harga saham EXCL terakumulasi meningkat 80 poin atau 3,42%.

Harga saham PGAS juga naik pada Jumat 18 Agustus 2023 ke level 1.495, bertambah 10 poin atau 0,67% dibandingkan sehari sebelumnya. Dalam perdagangan  5 hari terakhir, harga saham PGAS terakumulasi naik 95 poin atau 6,79%.

Menurut William, pasar saham pada perdagangan hari ini berpotensi menguat terbatas. Pada Jumat 18 Agustus 2023, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 40,62 poin atau 0,59% ke level 6.859,91.

William mengatakan, pelemahan IHSG pada hari Jumat hanya faktor teknikal. Menurutnya, IHSG pada Jumat kemarin masih menguji resistance di level 6.900.

“Namun, jika dilihat dalam sepekan kemarin, IHSG memang bergerak sideways, mengikuti tren sejak awal tahun 2023 ini,” ujarnya kepada Kontan, Sabtu (19/8).

William memproyeksikan, IHSG pada perdagangan Senin akan berpotensi menguat terbatas di level support 6800 dan resistance 6900.

Itulah prediksi IHSG dan rekomendasi saham blue chip untuk perdagangan hari ini, Senin 21 Agustus 2023. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×