kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bakal Buyback 1,42 Miliar Saham, Avia Avian (AVIA) Siapkan Rp 1 Triliun


Rabu, 01 November 2023 / 08:48 WIB
Bakal Buyback 1,42 Miliar Saham, Avia Avian (AVIA) Siapkan Rp 1 Triliun
ILUSTRASI. Avia Avian (AVIA) akan menggelar pembelian kembali alias buyback saham sebanyak 1,42 miliar saham


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Avia Avian Tbk (AVIA) akan menggelar pembelian kembali alias buyback saham sebanyak 1,42 miliar saham atau 2,3% dari jumlah modal disetor dan ditempatkan.

Sekretaris Perusahaan Avia Avian Hera Septi Astuti menjelaskan buyback akan dilakukan dalam waktu paling lama 18 bulan setelah tanggal persetujuan oleh pemegang saham.

AVIA akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 7 Desember 2023. Jika disetujui, buyback akan dilakukan dalam rentang 8 Desember 2023-7 Juni 2024.

"Untuk membeli sebanyak-banyaknya 1,45 miliar saham, dana yang disiapkan maksimal Rp 1 triliun," jelas Hera dalam keterbukaan informasi, Selasa (31/10).

Baca Juga: Sepanjang Tahun Ini, Avia Avian (AVIA) Kejar Kenaikan Pendapatan hingga 12%

Adapun untuk melakukan aksi korporasi ini, AVIA menggunakan dana internal. Hera memastikan buyback saham ini tidak akan mengganggu kegiatan usaha dan operasional AVIA.

Hera mengatakan buyback ini dilakukan untuk menciptakan fleksibilitas yang memungkinkan AVIA memiliki mekanisme untuk menjaga kewajaran dan stabilitas harga saham.

"Kami memandang saat ini harga saham AVIA belum mencerminkan nilai, kinerja, dan fundamental yang sebenarnya dari AVIA," kata dia.

Menurutnya dengan harga pasar saham di kisaran Rp 500 mencerminkan Price Earning Ratio (PER) di bawah 20 kali. Angka ini turun dalam satu setengah tahun terakhir.

Dalam catatan Avia Avian, PER AVIA perah mencapai lebih dari 35 kali. Hera menyebut jika dibandingkan dengan rata-rata PER industri di Asia berkisar 30 kali hingga 50 kali.

 

Selain itu, buyback saham ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan investor serta memberikan tingkat pengembalian yang lebih baik seiringan dengan kenaikan earning per share (EPS).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×