kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,58   -2,96   -0.33%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raih Kenaikan Laba di Semester I-2023, Begini Strategi Avia Avian (AVIA) Ke Depan


Kamis, 03 Agustus 2023 / 11:38 WIB
Raih Kenaikan Laba di Semester I-2023, Begini Strategi Avia Avian (AVIA) Ke Depan
ILUSTRASI. Kenaikan laba bersih AVIA ditopang dari keberhasilan AVIA dalam menghasilkan pendapatan Rp 3,5 triliun


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen cat PT Avia Avian Tbk (AVIA) masih membukukan pertumbuhan kinerja pada semester I tahun ini. Emiten yang listing pada 8 Desember 2021 ini membukukan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 806,62 miliar. Angka ini meningkat 3,79% dari periode sama pada semester I-2022 sebesar Rp 777,11 miliar. 

Kenaikan laba bersih ini ditopang dari keberhasilan AVIA dalam menghasilkan pendapatan sebesar Rp 3,5 triliun, meningkat 3,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Head of Investor Relations AVIA Andreas Hadikrisno menjelaskan, kenaikan kinerja AVIA pada semester pertama tahun ini ditopang dari segmen solusi arsitektur maupun barang dagangan. Berdasarkan laporan keuangan emiten, penjualan segmen solusi arsitektur kepada pihak eksternal sebesar Rp 2,9 triliun, meningkat 4,69% secara tahunan. "Kinerja segmen solusi arsitektur menopang 82,3% dari total penjualan AVIA," terang dia dalam rilis.

Baca Juga: Avian Dukung Tradisi Petik Laut Masyarakat Pesisir Pantai

Segmen solusi arsitektur berasal dari penjualan kategori cat dinding, cat pelapis anti bocor, cat kayu dan besi. Andreas memaparkan, kontribusi penjualan di segmen solusi arsitektur berasal dari kategori cat pelapis anti bocor sebesar 25,7%, cat dinding dan cat kayu & besi masing-masing menyumbang sebesar 23,7% dan 19,5%. 

Kontribusi penjualan AVIA berikutnya dari segmen barang dagangan yang terdiri dari penjualan pipa PVC. "Kontribusi segmen barang dagangan adalah sebesar 17,7%," ujar Andreas. Hingga semester I-2023, penjualan segmen barang dagangan sebesar Rp 619,9 miliar, naik 1,64% secara tahunan. Untuk segmen barang dagangan kategori pipa PVC memiliki kontribusi tertinggi yakni 12,9%.

Dalam enam bulan di tahun 2023, AVIA juga berhasil menjaga beban pokok penjualan agar tidak membengkak bahkan turun 3,52% secara year on year (yoy) menjadi Rp 1,92 triliun. Efeknya perusahaan ini masih berhasil membukukan kenaikan laba kotor sebesar 13,67% secara yoy menjadi Rp 1,58 triliun. 

Margin laba kotor AVIA di semester I-2023 tercatat sebesar 45,2% lebih besar ketimbang margin laba kotor pada semester I-2022 sebesar 36,77%. EBITDA AVIA juga mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 10,6% menjadi Rp 1 triliun dengan tingkat margin sebesar 28,9%. 

Baca Juga: Kinerja Avia Avian Kuartal I 2023 Ditopang Penjualan Produk Solusi Arsitektur

Ke depan, Andreas bilang, akan konsisten menjaga posisi agar tetap menjadi pemimpin pasar di industri cat. AVIA secara konsisten menjalankan berbagai strategi, baik dalam hal perluasan pusat distribusi untuk memperkuat penetrasi produk di pasar, maupun pengenalan produk baru. 

"Berkaitan dengan pusat distribusi, sampai dengan akhir semester pertama tahun ini, AVIA memiliki sebanyak 114 pusat distribusi milik sendiri, 37 pusat distribusi pihak ketiga, dan ditambah dengan 13 pusat distribusi mini," terang Andreas. Selama periode semester pertama tahun ini, AVIA telah melakukan penambahan sebanyak lima pusat distribusi sendiri dan sembilan pusat distribusi mini. 

Di pusat distribusi yang dimiliki sendiri, AVIA memiliki armada truk yang mampu mengirim sebanyak 10.000 kali dalam satu hari. "AVIA berfokus untuk memberikan pelayanan berkualitas tinggi berupa one-day delivery, sehingga pelanggan yang melakukan pemesanan barang hari ini dapat langsung menerima barang tersebut pada hari berikutnya," kata Andreas. AVIA juga telah melayani lebih dari 56.000 toko bahan bangunan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Tak hanya di jalur distribusi, Andreas mengatakan, AVIA akan terus melakukan inovasi untuk melengkapi portofolio produk dengan menggunakan merek yang sudah dikenal luas serta diterima dengan baik oleh konsumen. Salah satunya, AVIA membuat Avian Cling untuk kategori cat kayu & besi yang diluncurkan pada Desember 2022. Menurut dia, produk ini terbukti mampu memberikan kontribusi yang baik. 

Baca Juga: Avia Avian (AVIA) Bagikan Dividen Rp 1,3 Triliun, Ini Jadwalnya

Demikian juga Avitex Gold untuk kategori cat dinding, dapat diterima oleh pasar dikarenakan kualitas dan kelebihan fitur sebagai cat interior maupun eksterior. Pada kuartal II-2023, AVIA meluncurkan tiga produk baru, yakni Admiral Cat Kapal dan Admiral Wood Filler Epoxy pada kategori cat kapal, serta ARIES Bling pada kategori cat dinding. Untuk ARIES Bling diharapkan dapat juga diterima pasar dengan baik, mengingat merek ARIES cukup dikenal.

"Kami memiliki fasilitas Research, Development, & Innovation (RDI) yang kuat yang dilengkapi dengan peralatan modern dan tenaga ahli berkualitas sehingga AVIA dapat secara konsisten mengembangkan produk-produk inovatif yang sejalan dengan kebutuhan pasar," terang Andreas dalam rilis. 

Andreas mengklaim, AVIA juga memiliki komitmen dalam hal ESG dengan berupaya meningkatkan produk-produk yang lebih ramah lingkungan dengan memperoleh Green Label Certification dari Singapura. "Beberapa produk yang telah memperoleh sertifikasi tersebut diantaranya Supersilk Anti Noda, Sunguard, Avitex Gold, Avitex Anti Virus, No Drop Anti Panas, dan lain sebagainya. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya AVIA untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dalam jangka panjang," terang dia. 

Pengembangan produk baru juga disertai dengan perluasan bisnis pada divisi proyek dan komersial, melalui kontraktor, desain interior, arsitek, maupun perusahaan korporat dengan banyak cabang.

Baca Juga: Tambah Kapasitas Produksi Cat, Avia Avian (AVIA) Membangun Pabrik Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×