kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,14   -0,66   -0.07%
  • EMAS987.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Astra Graphia (ASGR) Cetak Pendapatan Rp 618 Miliar pada Kuartal I-2022


Selasa, 26 April 2022 / 14:22 WIB
Astra Graphia (ASGR) Cetak Pendapatan Rp 618 Miliar pada Kuartal I-2022
ILUSTRASI. Kinerja Astra Graphia (ASGR) di kuartal I-2022 moncer


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Graphia Tbk atau Astragraphia (ASGR) berhasil membukukan pendapatan bersih konsolidasian sebesar Rp 618 miliar di kuartal I-2022. Laba bersih emiten Group Astra di lingkup bisnis printing dan digital services ini juga meningkat dibandingkan kuartal pertama tahun lalu menjadi Rp 16 miliar.

Presiden Direktur ASGR, Hendrix Pramana membeberkan bahwa pendapatan bersih pada unit usaha solusi dokumen naik sebesar 6%, yang dihasilkan dari peningkatan volume cetak di lingkungan perkantoran dan sektor graphic art.

Sedangkan pendapatan bersih pada unit usaha Solusi Teknologi Informasi juga naik sebesar 13%, sebagai hasil dari penguatan penetrasi pasar dan percepatan realisasi peluang bisnis di area IT Services.

Sementara itu, peningkatan laba bersih didukung oleh naiknya pendapatan pada unit usaha Solusi Dokumen dan Solusi Teknologi Informasi. Di sisi lain, biaya operasional juga turun sebesar 3% sebagai hasil dari upaya perbaikan perusahaan di beberapa titik pengeluaran.

Baca Juga: Astra Graphia (ASGR) Bagikan Dividen Rp 34,92 Miliar, Ini Jadwalnya

Hendrix menambahkan, kemampuan dalam mengelola arus kas serta siklus operasional yang lebih baik turut berkontribusi terhadap peningkatan laba bersih Astragraphia di kuartal pertama tahun ini.

"Astragraphia akan terus berupaya menjalankan operational excellence di dalam setiap proses di seluruh lini bisnis dan mencari peluang-peluang baru untuk membangun pertumbuhan bisnis yang kuat dan berkelanjutan," ujar Hendrix dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Selasa (26/4).

Sejalan dengan fokus bisnis di bidang printing dan digital, imbuh Hendrix, Astragraphia senantiasa mendukung pelaku industri kreatif dalam negeri.

Pada 10 Februari 2022, Astragraphia mengedukasi lebih dari 100 pegiat industri kreatif melalui penyelenggaraan Kelas Astragraphia untuk Industri Kreatif (Kelas ASIK) Rumah Kemasan, bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian.

Selain itu, Astragraphia melalui unit usaha Solusi Dokumen berhasil meraih penghargaan sebagai “Top 15 Customer Loyalty” dari PrintPack Indonesia. Apresiasi diberikan berdasarkan konsistensi Astragraphia untuk berkolaborasi menjadi mitra media serta berperan dalam memajukan industri percetakan dan kemasan untuk pelanggan graphic art di Indonesia.

 

 

Adapun unit usaha Solusi Teknologi Informasi yang dijalankan entitas anak PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), berhasil mencatat peningkatan pada pendapatan dan laba bersih. Pencapaian AGIT terhadap nilai kontrak baru tumbuh sebesar 18% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021.

Sedangkan Unit usaha Solusi Perkantoran yang dijalankan entitas anak PT Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) secara konsisten terus mengembangkan e-commerce AXIQoe.com sebagai penyedia solusi berbagai kebutuhan kantor dan PrintQoe.com sebagai ekosistem kebutuhan pencetakan yang terintegrasi.

Adapun pada tahun 2022 ini AXI fokus untuk meningkatkan transaksi pada platform AXIQoe.com dan PrintQoe.com terutama dari segmen pasar Business to Business.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×