kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45880,72   -8,22   -0.93%
  • EMAS937.000 0,32%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Astra Agro bangun pabrik kelapa sawit berkapasitas 45 ton di Kalsel


Kamis, 25 Januari 2018 / 14:50 WIB
Astra Agro bangun pabrik kelapa sawit berkapasitas 45 ton di Kalsel
ILUSTRASI. Direksi Baru AALI

Reporter: Dimas Andi | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - MALANG. PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) berencana membangun satu pabrik kelapa sawit baru pada tahun ini, sebagai upaya meningkatkan kapasitas produksi.

Presiden Direktur PT Astra Agro Lestari, Santosa mengatakan, pabrik baru yang akan dibangun berlokasi di Kalimantan Selatan. Ia berekspektasi pabrik tersebut bisa selesai dan mulai beroperasi pada 2019 mendatang.


Pabrik kelapa sawit yang akan dibangun AALI nantinya mampu memproduksi sebanyak 45 ton per jam. "Nantinya juga bisa ditingkatkan menjadi 60 ton per jam," ucap Santosa, Kamis (25/1).

Dia menambahkan, pembangunan pabrik kelapa sawit tersebut ditujukan untuk mengolah hasil kebun inti baru yang akan masuk ke usia tanaman menghasilkan pada 2019. Di samping itu, pabrik baru nantinya juga berfungsi meningkatkan pasokan tandan buah segar (TBS) dari perkebunan plasma maupun perkebunan mandiri yang ada disekitarnya.

Untuk mewujudkan proyek tersebut, AALI telah menyiapkan dana senilai Rp 250 miliar pada tahun ini.

Adapun hingga akhir 2017, AALI telah memiliki 45 pabrik kelapa sawit yang terdiri dari 31 pabrik crude palm oil (CPO) berkapasitas 1.500 ton per jam dan 14 pabrik palm kernel oil (PKO) berkapasitas 1.625 ton per hari. Pabrik-pabrik tersebut tersebar di berbagai area operasional perseroan seperti, Aceh, Riau, Jambi, Kalteng, Kaltim, Kalsel, Sulbar, dan Sulteng.

Secara keseluruhan, saat ini AALI memiliki lahan perkebunan seluas 291,9 hektare (ha). Dari jumlah tersebut, 228,3 ha di antaranya merupakan lahan inti, sedangkan 63,6 ha sisanya merupakan lahan plasma.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3 Panduan Cepat Penyusunan KPI dan Integrasi OKR-BSC

[X]
×