kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antisipasi Penurunan Suku Bunga, Analis Rekomendasikan Buy Saham Ini Secara Bertahap


Kamis, 22 Februari 2024 / 08:31 WIB
Antisipasi Penurunan Suku Bunga, Analis Rekomendasikan Buy Saham Ini Secara Bertahap
ILUSTRASI. Papan digital menunjukan pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (24/1/2024). Antisipasi Penurunan Suku Bunga, Analis Rekomendasikan Buy Saham Ini Secara Bertahap.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 20-21 Februari 2024 memutuskan mempertahankan suku bunga acuan tetap pada level 6%. 

Keputusan tersebut telah diantisipasi para pelaku pasar sebelumnya, dan kini perhatian investor beralih ke Federal Open Market Committee (FOMC) minutes.

Menurut Liza Camelia Suryanata, Head of Research NH Korindo Sekuritas Indonesia, keputusan BI untuk mempertahankan BI rate sesuai dengan ekspektasi, mengingat BI akan menunggu langkah dari The Fed. 

Baca Juga: Ekspansi Mal dan Hotel Berlanjut, Analis Rekomendasi Buy Saham PWON

Menurut hasil polling, bank sentral Amerika Serikat (AS) diperkirakan baru akan menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin pada bulan Juni 2024.

Sarkia Adelia Lukman, Research Associate Panin Sekuritas, menambahkan bahwa berbagai rilis data indikator ekonomi AS dapat mempengaruhi keputusan The Fed untuk tidak menurunkan suku bunga dalam waktu dekat. 

Dengan demikian, keputusan BI untuk mempertahankan suku bunga acuan diharapkan dapat menjaga stabilitas makroekonomi, meskipun dampak era suku bunga tinggi masih terasa.

Baca Juga: The Fed Tahan Suku Bunga Acuan, Analis Rekomendasi Sejumlah Saham Ini

Meskipun demikian, Liza tetap optimis bahwa pasar saham akan tetap berada dalam tren bullish. Optimismenya didukung oleh arus masuk dana dari investor asing yang masih kuat, terutama setelah hasil hitung cepat pemilu. 

IHSG diprediksi akan bergerak dalam rentang support 7.274 dan resistance di 7.400. Menurut prediksinya, secara bertahap IHSG memiliki peluang untuk mencapai level 7.400 sebelum menuju ke target berikutnya di kisaran 7.600-7.700.




TERBARU

[X]
×