kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak Usaha Bentoel Investama (RMBA) Jual Aset Mesin ke British American Tobacco


Senin, 20 November 2023 / 14:25 WIB
Anak Usaha Bentoel Investama (RMBA) Jual Aset Mesin ke British American Tobacco
ILUSTRASI. RUPS?PT Bentoel Internasional Investama Tbk (RMBA). Anak Usaha Milik Bentoel Investama (RMBA) Jual Aset Mesin Kepada British American Tobacco (BAT)


Reporter: Recha Dermawan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan rokok PT Bentoel Internasional Investama Tbk (RMBA) secara resmi telah melepas asetnya kepada British American Tobacco Dubai (BAT Dubai). 

Adapun aset yang dilepas tersebut adalah satu set mesin pembuat rokok atau Cigarette Maker Machine. Transaksi dilakukan melalui entitas anak RMBA, PT Bentoel Prima (BP), dengan nilai mencapai US$ 1,45 juta atau setara Rp 21,93 miliar jika asumsi kurs Rp 15.026 per dolar AS. Transaksi ini telah dilakukan pada 17 November 2023 lalu.

Melansir keterbukaan Informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Manajemen RMBA menyampaikan bahwa RMBA melalui BP telah menjual satu set Cigarette Maker Machine kepada BAT Dubai sesuai dengan perjanjian jual beli aset antar keduanya.

Baca Juga: Cukai Rokok Diperkirakan Naik, Begini Tanggapan Bentoel (RMBA)

“Guna mengoptimalkan sumber daya dan aset yang dimiliki Bentoel Group, perseroan telah menjual mesin yang tidak digunakan lagi,” kata manajemen RMBA melansir dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (20/11).

Adapun nilai dari transaksi antar keduanya tersebut sudah termasuk biaya penilaian jasa, pengepakan, pengiriman, pembongkaran, dan asuransi

Managemen RMBA juga menjelaskan bahwa transaksi tersebut dilakukan sebagai strategi usaha perseroan, untuk mengoptimalkan sumber daya, dan aset milik Bentoel Group yang sudah tidak digunakan lagi. 

 

Itu dilakukan dengan pertimbangan mesin yang tidak digunakan untuk operasional BP dinilai tidak produktif. Oleh karena itu, aset-aset yang dinilai tidak produktif secara bisnis akan menguntungkan BP jika aset tersebut dijual.

Baca Juga: Bentoel Internasional Berharap Tren Pertumbuhan Berlanjut pada Paruh Kedua Tahun Ini

Adapun dana hasil penjualan tersebut digunakan untuk mendukung pendanaan kegiatan operasional BP.  “Penjualan aset tidak produktif ini dapat mendukung modal kerja bagi kegiatan operasional perseroan,” tulis manajemen RMBA.

Selain itu, pertimbangan RMBA melalui BP untuk menjual aset-aset yang tidak produktif kepada pihak afiliasi adalah kemudahan dalam hal negosiasi transaksi jual beli, dan sama-sama memiliki visi bisnis yang sama dengan perseroan.

Sebagai informasi, BAT Dubai ini merupakan korporasi industri tembakau internasional yang berdomisili di Dakha, Bangladesh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×