kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45854,70   -4,91   -0.57%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.14%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Akan beli Elang Medika Corpora, Sarana Meditama Metropolitan (SAME) tambah modal


Minggu, 09 Mei 2021 / 15:50 WIB
Akan beli Elang Medika Corpora, Sarana Meditama Metropolitan (SAME) tambah modal
ILUSTRASI. Sarana Meditama (SAME) akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 5,71 miliar saham baru dengan tingkat dilusi maksimal 32,44%.

Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME) berencana mengakuisisi saham PT Elang Medika Corpora (EMC). Oleh karenanya, emiten pengelola rumah sakit OMNI itu akan menambah modal dengan memberikan HMETD. 

"Kami bermaksud untuk menerbitkan sebanyak-banyaknya 5,71 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp 20 per saham," ujar manajemen Sarana Meditama Metropolitan dalam keterbukaan informasi, Kamis (6/5). 

Untuk melancarkan aksinya, SAME perlu mendapat persetujuan pemegang saham dalam RUPSLB yang akan digelar pada 10 Mei 2021. Adapun penambahan modal baru itu akan dilaksanakan setelah pernyataan pendaftaran dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengutip keterbukaan informasinya, dana yang dihimpun akan digunakan untuk pengambilalihan perusahaan terafiliasi EMC dengan nilai mencapai Rp 1,35 triliun. Selain itu, dana akan dimanfaatkan untuk keperluan modal kerja SAME dan/atau entitas anak, serta akuisisi rumah sakit. 

Baca Juga: Akan akuisisi Elang Medika, Sarana Meditama (SAME) rogoh kocek Rp 1,35 triliun

Asal tahu saja, dengan adanya penambahan modal melalui HMETD, maka pemegang saham yang tidak menggunakan HMETD diperkirakan akan terdilusi persentase kepemilikan sahamnya. "Dilusi sampai dengan sebanyak-banyaknya sebesar 32,44%," ujar Sarana Meditama. 

Sarana Meditama berharap pengambilalihan EMC dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi operasional bagi perusahaan. Hal ini bisa diwujudkan melalui sinergi masuknya EMC dan perusahaan anak dalam grup SAME. Pengambilalihan EMC juga diharapkan meningkatkan kinerja di masa yang akan datang.

Selain itu, SAME berharap aksinya ini bisa meningkatkan daya tarik nilai investasi dan memperbesar jaringan rumah sakit grup Sarana Meditama. Sehingga, posisi emiten ini semakin kuat dan mampu bersaing dengan grup-grup rumah sakit lainnya.  

Baca Juga: Kinerja membaik, Sarana Meditama Metropolitan (SAME) tidak lagi merugi

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Pendalaman Strategic Thinking Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 2

[X]
×