kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,47   -2,07   -0.23%
  • EMAS1.324.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada 6 Saham Baru Di Indeks IDX Value30 Semester II-2023, Cek Saham Harga Murah


Rabu, 09 Agustus 2023 / 06:10 WIB
Ada 6 Saham Baru Di Indeks IDX Value30 Semester II-2023, Cek Saham Harga Murah
ILUSTRASI. Ada 6 Saham Baru Di Indeks IDX Value30 Semester II-2023, Cek Saham Harga Murah


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Adi Wikanto

Rekomendasi Saham - JAKARTA. Simak daftar saham dengan harga murah dan memiliki prospek bagus di kelompok Indeks IDX Value 30. Harga saham murah ini sesuai data Price Earning Ratio (PER) annualized.

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), IDX Value 30 adalah indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki valuasi harga rendah dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan baik.

Untuk periode hingga Januari 2024, IDX Value 30 kedatangan enam saham baru. Mereka adalah PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA), PT Harum Energy Tbk (HRUM), PT Jaya Konstruksi Tbk (JKON), PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) dan PT PP Tbk (PTPP). 

Mereka menggantikan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Bukalapak.com Tbk (BUKA), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT PP London Sumatra Indonesia (LSIP), PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) dan PT Triputra Agro Persada Tbk (TAPG) harus terdepak dari indeks ini. 

Sesuai dengan nama indeksnya, saham-saham pendatang baru itu memiliki valuasi yang atraktif. Ada yang memang lebih murah dibandingkan dengan peers atau jika dibandingkan dengan rata-rata valuasi 5 tahun terakhir. 

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham AMRT, BOGA, dan NISP Untuk Rabu (9/8)

Namun dari keenam pendapatan baru tersebut, Research Analyst Reliance Sekuritas Ayu Dian menilai ada tiga saham yang menarik secara valuasi, yakni saham MPMX, PTPP dan HRUM. 

Dengan menggunakan Price Earning Ratio (PER) annualized saham MPXM diperdagangkan sebesar 8,36 kali, PTPP sebesar 19,5 kali dan 4,79 kali. Menurutnya valuasi ketiga saham itu masih lebih murah dibanding dengan pesaingnya. 

"Dengan menggunakan PER annualized saham MPMX, PTPP dan HRUM masih lebih rendah dibandingkan saham peers masing-masing emiten," ujar Ayu saat kepada Kontan, Selasa (8/8). 

Tiga saham itu juga memiliki Price to book value (PBV) yang rendah. PBV adalah rasio yang digunakan untuk membandingkan harga saham terhadap nilai buku perusahaan.

Rasio PBV saham MPMX hanya 0,79. Kemudian rasio PBV saham PTPP 0,31 dan saham HRUM 1,67. Investor biasanya memburu saham dengan rasio PBV di level 1 atau di bawahnya karena dianggap memiliki prospek yang bagus untuk investasi.

Tim Riset Mega Capital Sekuritas menjabarkan secara valuasi, ESSA, JKON, MPMX, PNBN dan PTPP memiliki valuasi yang tergolong murah karena di bawah rata-rata selama lima tahun dan pesaingnya. 

"Sedangkan HRUM walaupun PE masih di bawah rata-rata selama lima tahun, tapi jika dibandingkan pesaingnya valuasi HRUM cenderung lebih mahal," jelasnya dalam jawaban tertulis. 

Baca Juga: Sektor Energi dan Komoditas Setir IDX Value 30, Ini Saham yang Masih Layak Dikoleksi

Rekomendasi Saham

Jika menilik kinerja pergerakan indeks, IDX Value30 sudah anjlok 5,31% hingga penutupan Selasa (8/8). Penurunan itu, tak lain tak bukan disebabkan oleh runtuhnya saham-saham komoditas. 

Kendati begitu, di tengah tekanan yang terjadi di beberapa penghuni indeks IDX Value30, investor bisa menerapkan strategi untuk cicil beli untuk beberapa sektor. Seperti ke sektor paper & pulp dan energi. 

Martha Christina, Head of investment Information Mirae Asset Sekuritas menyarankan untuk melakukan akumulasi, investor harus lebih selektif kepada saham-saham yang bisa memberikan pertumbuhan positif. 

"Untuk yang berbasis komoditas, bisa cicil beli, jika sudah ada perbaikan yang konsisten di harga komoditas," kata dia. 

Dari penghuni indeks IDX Value 30 ini, Martha menyebut saham ASII dan INDF masih menjanjikan di tahun ini. Di sektor komoditas, ia merekomendasikan UNTR dan HRUM.

Sementara Mega Capital Sekuritas memilih emiten pulp and paper, INKP dan TKIM sebagai salah pilihan di indeks ini. Ini mengingat harga komoditas pulp mengalami kenaikan sejak Juni 2023. 

Secara valuasi PE INKP berada di level 4,28 kali, yang lebih rendah dari rata-rata lima tahun terakhir di 7,65 kali. Begitu pun dengan TKIM yang saat ini, PE-nya di level 3,7 kali atau di bawah rata-rata lima tahun terakhir sebesar 9,9 kali. 

Selain sektor kertas, investor juga bisa melirik sektor energi. Dari sektor ini, investor bisa melirik MEDC dengan PE sebesar 3,48 kali yang lebih murah dari rata-rata lima tahun terakhir di 9,02 kali. 

Dalam hitungan Mega Sekuritas Capital target harga INKP ada di Rp 10.000 dengan batas stop loss di Rp 9.000. Target harga TKIM di Rp 7.500 dengan stop loss Rp 6.950. MEDC dengan target di Rp 1.140 dan stop loss Rp 1.045. 

Itulah rekomendasi saham dengan harga murah di kelompok indeks IDX Value 30. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×