kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mencari Saham Apik Dengan Valuasi Murah di Jajaran Indeks IDX Value 30


Senin, 20 Maret 2023 / 17:36 WIB
Mencari Saham Apik Dengan Valuasi Murah di Jajaran Indeks IDX Value 30
ILUSTRASI. Indeks IDX Value30 jadi indeks konstituen yang anjlok paling dalam sepanjang tahun berjalan hingga 8,57% per Senin (20/3).


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks IDX Value30 jadi indeks konstituen yang anjlok paling dalam sepanjang tahun berjalan hingga 8,57% per Senin (20/3). Penurunan ini utamanya disebabkan oleh merosotnya saham energi. 

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Desy Israhyanti mengatakan penurunan indeks ini dipicu oleh penurunan penghuni indeks IDXV30 terutama pada saham teknologi, energi, dan perbankan. 

Apalagi kebanyakan penghuni indeks IDX Value 30 ini diisi oleh saham energi. Desy menilai dengan penurunan harga saham energi ini membuat valuasinya cenderung murah sehingga bisa dimanfaatkan untuk entry

"Namun pada saham gas atau yang memiliki diversifikasi produk gas atau regasifikasi yang kami lihat masih prospektif," tutur Desy kepada Kontan, kemarin. 

Baca Juga: Pasar Saham Dikepung Sentimen Negatif, Berikut Proyeksi IHSG Selama Ramadan

Analis Reliance Sekuritas Lukman Hakim bilang pergerakan IDXV30 dibayangi sentimen kenaikan suku bunga dan pelemahan harga komoditas terutama batubara.

Meski begitu, kinerja sejumlah emiten batubara berhasil mencetak pertumbuhan di sepanjang 2022. Untuk itu, emiten dari sektor ini bakal mendapatkan sentimen positif dari dividen final tahun buku 2022. 

"Dan beberapa emiten sudah memberikan isyarat akan membagikan dividen jumbo sehingga dapat menjadi peluang investor untuk mendapatkan keuntungan," kata dia. 

Baca Juga: IHSG Diprediksi Positif Pekan Ini, Cek Rekomendasi Saham dari Indo Premier Sekuritas

Di sisi lain, Head of Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Roger MM mengingatkan kinerja emiten batubara yang kinclong di 2022 karena lonjakan harga batubara. 

Namun dia memproyeksikan harga batubara tahun ini tidak sebagus 2022. Saat ini, ekspektasi pelaku pasar dipenuhi oleh pembagian dividen terutama ITMG. ADRO, dan PTBA.

"Jadi lebih rawan emiten batubara karena untuk trading dan dividen player kalau untuk hold rasa belum cukup tepat saat ini belum ada diskon lewat koreksi," imbuh Roger.

 Baca Juga: IHSG Tumbang 0,98% ke 6.612 Hingga Tutup Pasar Senin (20/3)

Pilihan Saham

Dari jajaran emiten energi, top picks Lukman jatuh pada ADRO dengan price earning ratio (PER) di level 2,29 kali. Apalagi pergerakan harganya tengah mencoba untuk rebound

Selain itu ada UNTR dengan PER 5,05 kali dengan potensi dividen jumbo. Selain itu Desy bilang saham MEDC juga menari dicermati dengan PER 2,82 kali. 

Dari sektor lain dipengaruhi Indeks IDX Value 30, Lukman menilai saham properti yang mengincar proyek di IKN bisa dilirik. Seperti BSDE dengan PER 8,27 kali dan CTRA di 8,63 kali. 

"Meskipun  emiten properti berinvestasi di proyek IKN akan berdampak secara langsung terhadap kinerja emiten akan lebih ke jangka panjang," ucap Lukman.

Dari sektor energi, Desy menjagokan MEDC dengan target harga Rp 1.500 dan UNTR di target harga Rp 35.000. Secara valuasi, Desy menilai LSIP masih menarik untuk dikoleksi dengan target harga Rp 1.200. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×