kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Ace Hardware (ACES) Bukukan Pendapatan Rp 1,70 Triliun, Simak Rekomendasi Analis


Senin, 08 Mei 2023 / 18:31 WIB
Ace Hardware (ACES) Bukukan Pendapatan Rp 1,70 Triliun, Simak Rekomendasi Analis
ILUSTRASI. PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACES) (?ACE?) sebagai pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup di Indonesia, menghadirkan ragam perlengkapan dalam menyambut Ramadan melalui program Siapkan Momen Kebersamaan.


Reporter: Aris Nurjani | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) mencatatkan penjualan bersih Rp 1,70 triliun pada kuartal I 2023. Penjualan ini naik 4,66% dibanding periode yang sama tahun 2022 yang sebesar Rp 1,62 triliun. 

Kenaikan penjualan didorong oleh produk perbaikan rumah menyumbang sebesar Rp 924,97 miliar, produk gaya hidup berkontribusi Rp 672 miliar, produk permainan senilai Rp 70,45 miliar, dan penjualan konsinyasi bersih sejumlah Rp 33,99 miliar.

Adapun, ACES memperoleh laba periode berjalan yang dapat diatribusikan pada entitas induk senilai Rp 158,36 miliar pada kuartal 1 2023, naik 3,16% dari periode yang sama pada 2022 sebesar Rp 153,49 miliar.

Baca Juga: ACE Hardware (ACES) Targetkan Buka 10-15 Gerai Baru Hingga Akhir Tahun 2023

Kepala riset Surya Fajar Sekuritas Raphon Prima menilai kinerja ACES pada kuartal I 2023 tidak terlalu menggembirakan. Walaupun pendapatan cenderung mengalami kenaikan dibandingkan kuartal I 2022 namun secara kuartalan mengalami penurunan. 

Adapun, kinerja penjualan ACES masih belum mampu mencapai level tertinggi yang justru terjadi di masa pandemi, yaitu ketika masyarakat menghabiskan banyak waktu di rumah sehingga membuat aktifitas pembelian barang-barang perkakas meningkat. 

 

"Di kuartal I 2023 terlihat bahwa aktifitas masyarakat berfokus pada aktifitas sosial," jelasnya kepada kontan, Senin (8/5).

Menurut Raphon emiten ACES berbeda dengan emiten ritel lainnya. Dimana jika secara siklus, momen lebaran tidak terlalu memberikan dampak bagi penjualan. Karena momen lebaran, biasanya masyarakat tidak terlalu fokus pada pembelian perkakas. Namun, pada kuartal IV atau akhir tahun selalu menjadi high season bagi emiten ACES sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Mencari Saham Pilihan Jelang Bulan Ramadan

Raphon memperkirakan kinerja ACES di 2023 masih akan stabil di mana laba bersih diperkirakan berada di kisaran Rp 600 miliar - Rp 700 miliar.

"Pendapatan masih tersendat mengingat produk perkakas diperkirakan belum menjadi fokus utama dari pola pembelian konsumen pada 2023," ujarnya.

Sementara, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus melihat kinerja ACES pada kuartal 1 2023 masih mencatatkan kinerja positif. Namun, penjualan hanya naik single digit dan sejauh ini semua produk milik ACES membukukan kenaikan tipis pada penjualan.

"Inflasi menjadi salah satu faktor utama masyarakat mulai mencoba mencari alternatif produk yang biasanya di beli dari ACES," jelasnya.

Nico mengatakan turut mengapresiasi penetrasi teknologi digital yang di adopsi oleh ACES. Dengan tampilan yang baru, dan user experience yang baik, hal ini akan mendorong peningkatan user engagement, diikuti dengan peningkatan total transaksi. 

Baca Juga: IHSG Melemah 2,2% dalam Sepekan, Intip Rekomendasi Saham untuk Pekan Depan

Selain itu, penambahan gerai bisa dilakukan dengan optimal di kota-kota yang belum ada toko offline dan memberikan peluang untuk merasakan berbelanja toko offline ala ACES.  

Selain itu, Nico berharap ACES juga akan terus mengembangkan pengalaman berbelanja di toko digital, karena dengan begitu akan mengurangi ketergantungan terhadap toko offline yang memakan cost lebih besar. Sehingga peluang untuk tumbuh lebih cepat semakin terbuka lebar.

"Kami cukup senang melihat ACES juga berdiri sendiri tanpa harus ada terikat dengan mall dengan begitu pelayanan yang diberikan tentu akan jauh lebih terkonsentrasi dengan produk produk ACES," tuturnya.

Raphon merekomendasi Hold dengan target harga Rp 570, Sementara Nico merekomendasikan beli dengan target harga Rp 620.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×