kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ace Hardware (ACES) Anggarkan Capex hingga Rp 300 Miliar pada Tahun 2023


Senin, 23 Januari 2023 / 15:54 WIB
Ace Hardware (ACES) Anggarkan Capex hingga Rp 300 Miliar pada Tahun 2023


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ace Hardware Indoensia Tbk (ACES) bersiap melanjutkan pembukaan gerai baru di 2023. Emiten ritel ini mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) hingga Rp 300 miliar.

Head of Corporate Communications ACES Melinda Pudjo mengatakan, manajemen berpandangan tahun 2023 yang penuh dengan tantangan tentunya perlu dipersiapkan dengan baik dan penuh kehati-hatian. Sebab, banyaknya ancaman seperti isu inflasi, penurunan daya beli, tahun politik, hingga ancaman resesi.

Namun, hal ini tidak mengurangi optimisme ACES untuk dapat bangkit dan bahkan bertumbuh di tahun 2023. Dengan adanya dukungan dari masyarakat dan pemerintah yang optimis dalam memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga 5,3% di tahun 2023, serta dihapusnya kebijakan PPKM membuat perusahaan tetap optimis hal tersebut dapat membantu dan berdampak positif dalam mempercepat pemulihan industri ritel.

Berkaca pada pandangan tersebut, perseroan tetap fokus pada rencana kerja tahun 2023. Beberapa strategi yang ACES lakukan adalah melakukan ekspansi bisnis dan layanan dengan selektif. 

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham Emiten Besi dan Baja yang Punya Prospek Kuat pada 2023

"Karena kami selalu memastikan produktivitas dan kondisi pasar mendukung target pertumbuhan yang telah ditetapkan yakni 8-10% dari sisi top dan bottom line di tahun 2023," ujarnya kepada Kontan.co.id, Sabtu (21./1).

Selain melakukan ekspansi pasar, ACES juga melakukan aktivitas pemasaran sesuai dengan pangsa pasar hingga strategi seamless omni-channel. Strategi tersebut juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan penjualan.

ACES juga fokus memberikan produk yang inovatif dan solutif, serta pengalaman belanja yang baru untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, pengembangan human capital, hingga inovasi pada teknologi digital dalam berbagai aspek operasional.

"Dengan strategi tersebut, ACES akan tetap menjaga stabilitas dan rasa optimis menghadapi tahun 2023 untuk tumbuh lebih sehat dan lebih baik," jelasnya.

Melinda mengatakan, tahun ini ACES mengalokasikan capex sebesar Rp 200 miliar - Rp 300 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk salah satunya adalah melakukan ekspansi dengan membuka 10-15 toko di seluruh Indonesia.

"Sebagai aksi nyata dari rencana kerja tahun 2023, kami telah membuka toko pertama di tahun 2023 yang sekaligus menjadi toko pertama di kota Tarakan, Kalimantan Utara pada 20 Januari 2023," sebutnya.

Lanjutnya, ke depannya, ACES juga terus melakukan evaluasi dan riset dengan hati-hati dari segi potensi dan kompetisi pasar hingga sarana infrastruktur di suatu area untuk kelancaran distribusi.

Adapun di tahun 2022, ACES melakukan ekspansi dengan membuka 17 toko di seluruh Indonesia. Ekspansi dilakukan baik di area eksisting hingga area baru seperti di Kebumen, Magelang, Serang, Gowa, hingga Prabumulih.

Per kuartal III 2022, ACES membukukan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp 351,71 miliar. Jumlah ini tumbuh 8,93% secara year on year (YoY) dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp 322,85 miliar.

Baca Juga: BUMI Targetkan Produksi 81,4 Juta Ton Batubara, Simak Rekomendasi Sahamnya

Kenaikan laba bersih ini sejalan dengan kenaikan pendapatannya. ACES membukukan penjualan bersih sebesar Rp 4,89 triliun, naik 4,3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 4,69 triliun.

Analis Samuel Sekuritas Pebe Peresia dalam risetnya, Jumat (23/12) memaparkan bahwa walaupun terdapat tantangan kenaikan inflasi 2023, ACES akan tetap mampu mempertahankan kinerja positifnya. Sebab, memiliki target market kelas menengah atas yang daya belinya lebih tangguh dalam menghadapi inflasi.

Selain itu, salah satu strategi lainnya yang dinilai akan turut mendorong kinerja ACES adalah melalui pembukaan gerai-gerai baru. Diperkirakan di tahun 2023 ACES dapat membuka 15 gerai baru dengan fokus di Jawa luar Jabodetabek atau 48% dari total gerai, serta mayoritas akan kembali berada di dalam mall atau 64% dari total gerai.

"Kami mempertahankan rekomendasi buy atau beli untuk saham ACES dengan target harga Rp 650," imbuhnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×