kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,02   3,68   0.41%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Window dressing, IHSG sentuh rekor baru


Rabu, 27 Desember 2017 / 19:39 WIB
Window dressing, IHSG sentuh rekor baru


Reporter: Riska Rahman | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usai libur panjang, indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali terus melaju. Indeks pun kembali menyentuh rekor setelah penutupan di awal pekan ini.

IHSG yang sempat dibuka di zona merah berhasil rebound beberapa menit setelah perdagangan dibuka dan terus melaju di zona hijau pada perdagangan Rabu (27/12). Indeks pun berhasil menguat 56,15 poin atau 0,90% ke level 6.277,17.

Analis Binaartha Parama Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama melihat, penguatan IHSG di hari ini disebabkan oleh stabilnya fundamental ekonomi dalam negeri. "Sementara katalis positif lainnya masih datang dari kenaikan peringkat surat utang Indonesia dari Fitch Ratings pekan lalu," ujarnya.

Aksi window dressing yang dilakukan para pelaku pasar jelang tutup tahun ini pun dipandang turut memberikan dorongan terhadap laju indeks hari ini sehingga menciptakan pertumbuhan kinerja portofolio yang positif.

Nafan melihat, sentimen yang sama masih akan mewarnai pergerakan IHSG besok, Kamis (28/12). Sentimen stabilitas harga komoditas dunia pun diharapkan mampu memberikan katalis positif tambahan bagi pergerakan indeks besok yang diperkirakan naik di kisaran 6.193-6.319.

Secara teknikal, Analis Erdikha Elit Sekuritas Okky Jonathan Siahaan melihat, IHSG masih berpotensi bullish. Namun, stochastic menunjukkan sinyal jual di area overbought sehingga rawan potensi koreksi.

"Indikator Bill William pun nampak melanjutkan fase akselerasi dengan momentum masih berada di area positif. Dengan begitu, indeks saham diperkirakan akan bergerak sideways cenderung menguat terbatas dengan range pergerakan di kisaran 6.196-6.035," terang Okky.

Adapun saham yang menarik untuk diperhatikan pada perdagangan besok menurut Okky ialah AALI, AKRA, CPIN, dan PPRO. Sedangkan Nafan melihat saham yang menarik di perdagangan besok antara lain INCO, JPFA, KRAS, MNCN, TBLA, dan TOTL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×