kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wijaya Karya (WIKA) Memperpanjang Fasilitas Pinjaman Rp 4,83 Triliun ke Wika Realty


Selasa, 04 April 2023 / 10:55 WIB
Wijaya Karya (WIKA) Memperpanjang Fasilitas Pinjaman Rp 4,83 Triliun ke Wika Realty
ILUSTRASI. Wijaya Karya (WIKA) memperpanjang fasilitas pinjaman ke anak usahanya, Wijaya Karya Realty maksimal Rp 4,83 triliun.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) memperpanjang fasilitas pinjaman ke anak usahanya, PT Wijaya Karya Realty senilai maksimal Rp 4,83 triliun. Pinjaman ini berupa cash loan yang dapat digunakan oleh Wika Realty secara berkelanjutan selama dalam masa perjanjian berlaku.

"Besaran suku bunga atas fasilitas cash loan adalah 8,61% per tahun," ungkap Mahendra Vijaya, Sekretaris Perusahaan WIKA dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (3/4).

Berdasarkan laporan keuangan, WIKA memiliki kas dan setara kas total Rp 5,67 triliun per Desember 2023. WIKA menyebut, pengucuran pinjaman ini tidak ada dampak keuangan atas rencana transaksi.

Baca Juga: Ini Sebabnya Wijaya Karya (WIKA) Rugi di Tahun 2022 Meski Pendapatan Naik

WIKA menambahkan bahwa pemberian pinjaman cash loan kepada Wika Realty bersifat uncommitted dan non-revolving. Jangka waktu perjanjian sampai dengan 29 Maret 2024 dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan para pihak.

Perjanjian fasilitas pinjaman ini merupakan perpanjangan dari perjanjian sebelumnya yang berakhir 30 Maret 2023. Pada perjanjian sebelumnya, besaran bunga pinjaman semula adalah 5% per tahun di atas suku bunga acuan Bank Indonesia.

WIKA memiliki 72,51% saham Wika Realty.

Atas berita tersebut, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) menyampaikan klarifikasi pada Kamis, 6 April 2023 sebagai berikut:

Sehubungan dengan artikel tentang Fasilitas Cash Loan yang diberikan oleh PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk (WIKA) kepada WIKA Realty yang tayang pada Kontan.co.id, dengan ini, kami menyampaikan klarifikasi sebagai berikut:

Keterbukaan Informasi pada tanggal 3 April 2023 tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Material Dalam Rangka Rencana Pemberian Plafon Fasilitas Pinjaman Cash Loan kepada PT Wijaya Karya Realty selaku Perusahaan Terkendali PT Wijaya Karya (Persero) Tbk bertujuan untuk menjelaskan bahwa Fasilitas pinjaman dalam bentuk plafon  telah berjalan sebelumnya atau bukan merupakan pinjaman baru, dengan suku bunga menjadi 8,61% per tahun (kisaran suku bunga pasar antara 7,91%-9,16%) dengan perpanjangan jangka waktu pinjaman hingga 29 Maret 2024.

Demikian klarifikasi ini dibuat untuk menghindari kemungkinan kesalahpahaman pemahaman pada artikel yang ditayangkan. Kami berharap klarifikasi ini dapat dimuat dan ditindaklanjuti di Kontan.co.id sesegera mungkin sebagai wujud penyampaian informasi yang berimbang kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×