kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Wijaya Karya garap tiga jalan tol Jakarta dan Bandung


Minggu, 14 Oktober 2018 / 20:09 WIB

Wijaya Karya garap tiga jalan tol Jakarta dan Bandung
ILUSTRASI. Perusahaan Kontraktor Wika dan Wika Beton


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) bersama PT Margautama Nusantara (MUN) dan PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) akan bekerja sama untuk pembangunan jalan tol NS link Bandung, mengembangkan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) senilai Rp 10 triliun, dan pembangunan Jalan Tol Ancol Timur - Pluit.

Direktur Operasi I WIKA, Agung Budi Waskito mengatakan Pembangunan Jalan Tol NS Link Bandung ini akan dilaksanakan oleh WIKA dengan skema pendanaan yang melibatkan ketiga perusahaan. Tol NS Link rencananya akan dibangun dengan struktur elevated dan menghubungkan Tol Pasir Koja dan Suropati dengan total panjang 14,30 km.


"Pengembangan tol ini bertujuan untuk mengurai kemacetan Kota Bandung serta mengakomodir pergerakan kendaraan dari arah selatan ke Utara maupun sebaliknya. Ini juga akan terkoneksi langsung dengan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) yang merupakan proyek investasi WIKA dan akan dimulai pengerjaannya dalam waktu dekat," kata Agung, Minggu (14/10) dalam keterangan pers

Proyek BIUTR akan menghubungkan wilayah Pasteur – Cileunyi (Tol Cisumdawu) dan Gedebage (Tol Purbaleunyi) dengan panjang 25,35 km.  Pembangunan rute Pasteur – Cileunyi akan melewati Gasibu, Pahlawan, Cicaheum, Ujung Berung, Cibiru. Sementara itu, pembangunan di ruas Ujung Berung juga akan dilanjutkan menuju Gedebage hingga terhubung.

"BIUTR rencananya dibuat melayang (elevated road) di atas ruas jalan eksisting yang ada saat ini sehingga kapasitasnya menjadi dua kali lipat lebih banyak. Saat beroperasi nanti, BIUTR diyakini akan memecah konsentrasi kendaraan pada ruas jalan eksisting Kota Bandung yang dilalui," kata Agung

Untuk kesepakatan berikutnya, terjalin antara WIKA dan PT Citra Marga Nusphala Persada Tbk (CMNP) ialah pembangunan Jalan Tol Ancol
Timur - Pluit (Harbour Road 2).

Dimulai dari junction ancol hingga junction Pluit, Harbour Road 2 Tol akan terkoneksi dengan harbour road 1 dan Jakarta Outer Ringroad W1-W2. Tol ini dibangun dengan struktur elevated dan bertujuan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Harbour Road 1.

Dimulai dari junction ancol hingga junction Pluit, Harbour Road 2 Tol akan terkoneksi dengan harbour road 1 dan Jakarta Outer Ringroad W1-W2. Tol sepanjang 9 km ini akan dibangun oleh WIKA dengan struktur elevated. Hadirnya Harbour Road 2 nanti bertujuan untuk mengurai kepadatan lalu lintas di Harbour Road 1.


Reporter: Willem Kurniawan
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan


Close [X]
×