kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Waskita perkuat bisnis energi dan jalan tol


Kamis, 21 Desember 2017 / 20:45 WIB
Waskita perkuat bisnis energi dan jalan tol


Reporter: Riska Rahman | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Waskita Karya Tbk (WSKT) semakin memperkuat bisnis anak-anak usahanya. Anak-anak usaha WSKT pun mengucurkan tambahan dana kepada masing-masing anak usahanya, baik lewat peningkatan modal ataupun lewat pinjaman.

Anak usaha WSKT di bidang energi, PT Waskita Karya Energi (WKE) meningkatkan modal disetor dan ditempatkan kepada cucu usaha WSKT, yaitu PT Waskita Wado Energi (WWE). Peningkatan modal ini dilakukan WKE melalui pembelian saham WWE yang membuat jumlah kepemilikan WKE meningkat dari 99,95% menjadi 99,97%. Jumlah ini setara dengan 3.840 saham senilai Rp 3,84 miliar.

"Peningkatan modal disetor dan ditempatkan ini akan digunakan oleh WWE untuk memenuhi kebutuhan operasional. Apabila WKE selaku pemegang saham WWE tidak melakukan peningkatan modal akan berpengaruh terhadap kegiatan pembanguan WWE," ujar Sekretaris Perusahaan WSKT Shastia Hadiarti dalam keterangan resmi, Kamis (21/12).

Anak usaha WSKT yang bergerak di bisnis tol, PT Waskita Toll Road juga mengucurkan tambahan dana kepada anak usahanya melalui pinjaman kepada PT Waskita Transjawa Toll Road (WTTR) dan PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol (Paspro).

Waskita Toll Road memberikan pinjaman sebesar Rp 11,42 miliar kepada WTTR. Pinjaman tersebut kemudian dikucurkan kembali oleh WTTR kepada Paspro, yang 99,99% sahamnya dimiliki oleh Waskita Toll Road.

Pinjaman ini memiliki bunga sebesar 13,5% per tahun dari jumlah utang pinjaman. Pinjaman ini memiliki waktu selama enam bulan dan wajib dibayarkan dalam satu kali pembayaran berikut kewajiban perpajakan dan denda saat jatuh tempo.

Dana hasil pinjaman ini diberikan untuk memenuhi kebutuhan dana operasionalnya. "Dengan pinjaman ini Paspro diharapkan dapat memaksimalkan kinerja usahanya dan diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi pemegang saham Paspro, termasuk juga WSKT sebagai pemegang saham WTR," tutur Shastia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×