kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Turun Tajam, Dow Kehilangan Lebih dari 500 Poin


Kamis, 23 Maret 2023 / 05:34 WIB
Wall Street Turun Tajam, Dow Kehilangan Lebih dari 500 Poin
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street jatuh pada perdagangan hari Rabu (22/3), setelah Federal Reserve melanjutkan kenaikan suku bunganya. Sementara pada saat yang sama mengakui gejolak pada sektor perbankan dapat memperlambat ekonomi yang sudah rapuh. Saham bank regional memimpin penurunan.

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average turun 530,49 poin atau 1,63% menjadi 32.030,11, S&P 500 kehilangan 65,9 poin atau 1,65% menjadi 3.936,97, dan Nasdaq Composite turun 190,15 poin atau 1,6% menjadi 11.669,96.

Semua 11 sektor utama S&P 500 mengakhiri sesi jauh di wilayah negatif, dengan real estat mengalami penurunan persentase paling tajam, penurunan satu hari terbesar sejak 13 September.

Sektor perbankan berbalik arah setelah rebound pada dua sesi sebelumnya, dengan indeks S&P Banks dan indeks KBW Regional Bank masing-masing turun 3,7% dan 5,3%.

Baca Juga: Dana Asing di Pasar SBN Terus Mengalir Pasca Kebangkrutan Silicon Valley Bank (SVB)

"Pasar terdorong ketika mendengar bahwa The Fed telah mempertimbangkan untuk berhenti sepenuhnya dan kemudian kecewa ketika Powell mengklarifikasi bahwa tangan mereka tidak terikat dan bahwa mereka dapat terus menaikkan suku bunga jika perlu," kata Chris Zaccarelli, kepala investasi. di Aliansi Penasihat Independen di Charlotte, Carolina Utara.

Dalam pernyataan The Fed, anggota Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengatakan beberapa pengetatan tambahan mungkin dilakukan, tetapi mengisyaratkan bahwa itu hampir menghentikan kenaikan di masa depan mengingat gejolak baru-baru ini di sektor keuangan.

Keuntungan berkurang selama pernyataan Powell dan sesi tanya jawab di mana dia berjanji untuk menggunakan semua alat yang tersedia untuk menjaga agar sistem perbankan tetap sehat, tetapi menegaskan kembali komitmen bank sentral untuk mengekang inflasi.

"Indeks salah karena ada begitu banyak yang dipertaruhkan, menjadi yang pertama mengevaluasi dampak dari pernyataan tersebut dan konferensi pers berikutnya," kata Sam Stovall, kepala analis investasi CFRA Research di New York.

"Mungkin investor mengharapkan The Fed menghentikan kenaikan ini, mengungkapkan ketidaksenangan mereka bahwa kenaikan suku bunga mungkin berlanjut untuk satu atau dua pertemuan lagi."

Kekhawatiran bertahan bahwa pertempuran agresif The Fed melawan inflasi dapat menyebabkan ekonomi jatuh ke dalam resesi, dan gejolak baru-baru ini di sektor perbankan, yang dipicu oleh kegagalan Grup Finansial SVB dan Signature Bank, telah memperburuk ketakutan tersebut.

Baca Juga: Bursa Asia Kompak Menghijau, Mengekor Kenaikan Wall Street

Aksi jual diperparah oleh pernyataan Menteri Keuangan Janet Yellen di hadapan anggota parlemen bahwa Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) tidak mempertimbangkan "asuransi menyeluruh" untuk deposito bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×