kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Turun 4 Hari Beruntun, Nasdaq Jatuh 1,7% Jelang Laporan Pekerjaan Oktober


Jumat, 04 November 2022 / 05:43 WIB
Wall Street Turun 4 Hari Beruntun, Nasdaq Jatuh 1,7% Jelang Laporan Pekerjaan Oktober
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street ditutup memerah untuk empat hari berturut-turut, Kamis (3/11). Penurunan terjadi sehari setelah Federal Reserve menyampaikan kenaikan suku bunga tiga perempat poin lagi dan mengisyaratkan bahwa pivot atau penurunan suku bunga tidak akan datang dalam waktu dekat.

Melansir Reuters, Dow Jones Industrial Average turun 146,51 poin atau 0,46% menjadi ditutup pada 32.001,25. S&P 500 kehilangan 1,06% menjadi berakhir di 3.719,89 dan  Nasdaq Composite turun 1,73% menjadi menetap di 10.342,94.

Imbal hasil US Treasury melonjak karena para pedagang mencerna keputusan suku bunga terbaru, memberi tekanan pada ekuitas. Hasil pada catatan Treasury 2-tahun mencapai level tertinggi sejak Juli 2007 dan imbal hasil Treasury 10-tahun  muncul 9 basis poin menjadi sekitar 4,15%.

Baca Juga: Wall Street Kembali Tertekan Dengan Prediksi Suku Bunga Final Lebih Tinggi

Pedagang telah mengantisipasi kenaikan suku bunga 0,75 poin persentase bank sentral dan pada awalnya pernyataan The Fed sebagai dovish, menyarankan kenaikan yang lebih kecil di masa depan.

Itu pertama mengirim saham lebih tinggi pada hari Rabu, tetapi kenaikan itu berbalik ketika Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan itu "prematur" untuk membahas jeda kenaikan suku bunga dan bahwa apa yang disebut "tingkat terminal," atau tingkat di mana suku bunga puncak, kemungkinan akan lebih tinggi dari yang dinyatakan The Fed sebelumnya.

"Kami masih memiliki beberapa cara untuk pergi dan data yang masuk sejak pertemuan terakhir kami menunjukkan bahwa tingkat suku bunga tertinggi akan lebih tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya," katanya.

Banyak yang memperkirakan pasar akan terus jungkir balik sampai jelas bahwa inflasi telah mendingin dan The Fed akan berhenti mendaki.

Di sisi lain, perhatian investor juga beralih ke data nonfarm payrolls Oktober, yang dijadwalkan untuk dirilis Jumat. Jumlah pekerjaan yang kuat dan tingkat pengangguran yang rendah, meski bagus untuk ekonomi, bisa menandakan lebih banyak pekerjaan ke depan untuk The Fed.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham SMGR, AMRT, BANK Untuk Perdagangan Jumat (4/11)

“Retakan mulai terlihat dalam ekonomi yang tangguh, tetapi The Fed perlu melihat lebih banyak “keterpaksaan” untuk mendukung poros,” kata Adam Sarhan, CEO 50 Park Investments.

“Pengangguran perlu naik agar inflasi turun,” katanya. “Itulah kenyataannya – sepatu bot di tanah. Orang-orang akan berhenti membeli dan mengkonsumsi barang dan jasa sebanyak-banyaknya ketika mereka tidak memiliki pekerjaan.”

Petunjuk lain tentang inflasi dan ekonomi akan datang dari laporan indeks harga konsumen minggu depan.

Di tempat lain, musim pendapatan perusahaan berlanjut, dengan Qualcomm, Roku dan Fortinet semua jatuh dengan hasil kuartalan yang mengecewakan. Saham Kellogg turun lebih dari 8% meskipun kuartalan yang kuat.

Untuk minggu ini, semua rata-rata indeks utama Wall Street sedang mengalami penurunan. Dow dan S&P masing-masing turun 2,62% dan 4,64%. Nasdaq telah merosot 6,84%, menempatkannya pada kecepatan untuk kinerja mingguan terburuk sejak Januari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×