kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Ditutup Menguat di Tengah Optimisme Penurunan Suku Bunga The Fed


Selasa, 07 Mei 2024 / 05:31 WIB
Wall Street Ditutup Menguat di Tengah Optimisme Penurunan Suku Bunga The Fed
ILUSTRASI. tiga indeks utama Wall Street menguat


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street ditutup menguat di perdagangan awal pekan ini. Di mana, tiga indeks utama menguat untuk sesi ketiga secara berturut-turut, karena investor terus mendapatkan harapan bahwa ada peluang lebih besar bagi Federal Reserve (The Fed) untuk memangkas suku bunga tahun ini.

Senin (6/5), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 0,46% menjadi 38.852,27, indeks S&P 500 menguat 1,03% ke 5.180,74 dan indeks Nasdaq Composite naik 1,19% menjadi 16.349,25.

Mayoritas sektoral pada indeks S&P 500 berakhir di teritori positif. Indeks energi termasuk di antara yang mengalami kenaikan terbesar, karena gas alam berjangka AS mencapai level tertingginya dalam 14 minggu.

Ekspektasi penurunan suku bunga oleh bank sentral AS telah melemah seiring berjalannya waktu, karena inflasi terbukti lebih kaku, dan beberapa investor mulai khawatir bahwa hal tersebut mungkin tidak akan terwujud sama sekali, sehingga membuat pasar melemah pada bulan April.

Baca Juga: Wall Street Menguat Karena Meningkatnya Harapan Penurunan Suku Bunga The Fed

Namun, data pada hari Jumat (3/5) menunjukkan, pertumbuhan lapangan kerja AS melambat lebih dari perkiraan pada bulan April, menghilangkan tekanan dari bank sentral AS untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi dalam jangka waktu lebih lama.

Ditambah dengan musim laporan laba perusahaan Amerika yang mengejutkan secara positif, hal ini memberikan momen positif baru bagi investor dalam beberapa sesi terakhir.

Setelah The Fed pada pekan lalu memberikan isyarat bahwa mereka cenderung akan melakukan pengurangan biaya pinjaman, namun ingin mendapatkan "keyakinan yang lebih besar" bahwa inflasi akan terus turun sebelum menurunkan suku bunga, para pengambil kebijakan kembali mengulangi pesan tersebut pada hari Senin.

Presiden The Fed Richmond Thomas Barkin mengatakan, tingkat suku bunga saat ini akan cukup mendinginkan perekonomian untuk mengembalikan inflasi ke target bank sentral sebesar 2%, dan kekuatan pasar kerja memberikan waktu bagi para pejabat untuk menunggu.

Barkin, yang tahun ini menjadi pemilih kebijakan suku bunga, menambahkan bahwa “data whiplash” inflasi mendukung kebijakan deliberatif The Fed terhadap suku bunga.

Sementara itu, Presiden Federal Reserve Bank of New York John Williams mengatakan, meskipun penurunan suku bunga akan terjadi, kebijakan moneter saat ini berada dalam kondisi yang sangat baik.

“Hal utama yang coba dipikirkan pasar adalah inflasi dan Federal Reserve,” kata Jason Pride, kepala strategi investasi & penelitian di Glenmede.

“Banyak pergerakan pasar merupakan cerminan dari upaya pasar untuk mencari tahu dan menyempurnakan perspektif berbeda mengenai inflasi dan suku bunga.”

Investor saat ini memperkirakan penurunan suku bunga sebesar 46 basis poin dari The Fed pada akhir tahun 2024, dengan penurunan pertama diharapkan pada bulan September atau November, menurut aplikasi probabilitas suku bunga LSEG.

Di sisi lain, produsen chip secara luas menguat pada hari Senin, termasuk Arm Holdings yang naik 5,2% menjelang laporan pendapatan akhir pekan ini.

Baca Juga: Kinerja Emiten Jalan Tol di Kuartal I 2024 Masih Beragam, Simak Rekomendasi Sahamnya

Saham Micron Technology meningkat 4,7% setelah sebuah laporan mengatakan Baird meningkatkan sahamnya, dan saham Advanced Micro Devices dan Super Micro Computer masing-masing naik 3,4% dan 6,1% - memulihkan kekuatan yang hilang setelah pendapatan mengecewakan dari pasangan terakhir pekan.

Saham Paramount Global naik 3,1% setelah perusahaan media tersebut mengakhiri negosiasi eksklusifnya dengan Skydance Media tanpa kesepakatan, sehingga memungkinkan komite khusus untuk menerima tawaran lain dari penawar saingan.

Sedangkan saham Tyson Foods turun 5,7% setelah perusahaan pengepakan daging tersebut melampaui ekspektasi Wall Street untuk laba kuartal kedua tetapi memperingatkan bahwa konsumen berada di bawah tekanan dari inflasi yang terus-menerus.

Sementara itu, saham Spirit Airlines merosot 9,7%, ke rekor penutupan terendah, setelah melaporkan prospek pendapatan yang lemah untuk kuartal kedua.




TERBARU

[X]
×