kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Menguat Sepekan, Musim Rilis Laporan Keuangan Dimulai


Sabtu, 15 Juli 2023 / 05:51 WIB
Wall Street Menguat Sepekan, Musim Rilis Laporan Keuangan Dimulai
ILUSTRASI. Wall Street menguat dalam sepekan terakhir, sektor keuangan turun akibat profit taking.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street menguat dalam sepekan terakhir. Salah satu hal yang disoroti pelaku pasar adalah musim laporan keuangan yang dimulai dengan bank-bank terbesar di Amerika Serikat (AS) kemarin.

S&P 500 berakhir sedikit turun pada hari Jumat, dengan sebagian besar saham bank dan keuangan lebih rendah setelah laporan triwulanan yang memulai musim pendapatan. Tetapi ketiga indeks saham utama AS membukukan kenaikan mingguan yang solid.

Jumat (14/7), Dow Jones Industrial Average naik 113,89 poin atau 0,33% menjadi 34.509,03. Indeks S&P 500 melemah 4,62 poin atau 0,10% menjadi 4.505,42. Nasdaq Composite turun 24,87 poin atau 0,18% menjadi 14.113,70.

Untuk minggu ini, Dow naik 2,3%, S&P 500 naik 2,4% dan Nasdaq naik 3,3%. S&P 500 tetap naik 17% sejak awal tahun hingga kemarin.

Baca Juga: Wall Street Meriah di Tengah Rilis Kinerja Emiten Perbankan Jumbo AS

Mengimbangi beberapa penurunan, saham Grup UnitedHealth rally mengikuti kinerja keuangan yang lebih kuat dari perkiraan.

Harga saham JPMorgan Chase naik 0,6% dan Wells Fargo turun 0,3%. Sedangkan indeks bank S&P 500 turun 0,9%. Kedua bank besar tersebut melaporkan laba kuartalan yang lebih tinggi. Tetapi mereka mengatakan telah menyisihkan lebih banyak uang untuk perkiraan kerugian dari pinjaman real estat komersial.

Hambatan terbesar pada indeks benchmark adalah sektor energi yang turun 2,8% dan keuangan yang turun 0,7%.

Saham UnitedHealth melonjak 7,2% dan membantu Dow berakhir lebih tinggi. Saham asuransi kesehatan lainnya juga naik, dengan Humana berakhir 2,5% dan Cigna naik 4,7%.

"Kami telah meningkat signifikan secara tahunan dan itu untuk mengantisipasi pendapatan yang lebih baik dari perkiraan," kata Oliver Pursche, wakil presiden senior dan penasihat Wealthspire Advisors di Westport, Connecticut kepada Reuters. Dia memperkirakan pasar saham masih berpotensi naik hingga akhir musim panas.

Baca Juga: Menguat 5 Hari Beruntun, Ini Review IHSG Dalam Sepekan

Laporan triwulanan perbankan kemarin secara tidak resmi memulai musim pendapatan kuartal kedua AS. Analis memperkirakan laba S&P 500 turun 8,1% pada kuartal tersebut dari tahun lalu, menurut data Refintiiv, tetapi mayoritas perusahaan cenderung mengalahkan ekspektasi.

Harga saham Citigroup turun 4% setelah laba kuartalan pemberi pinjaman anjlok. Sementara harga saham BlackRock turun 1,5% setelah membukukan penurunan pendapatan kuartalan.

Beberapa ahli strategi mengatakan saham bank mungkin telah dijual menyusul kenaikan kuat baru-baru ini. Indeks bank S&P menghentikan kemenangan beruntun lima sesi bersama dengan indeks bank regional KBW, yang turun 1,9% pada hari itu.

Indeks saham-saham yang berhubungan dengan teknologi terkenal turun lebih rendah sehari setelah mencatatkan rekor penutupan tertinggi.

Tesla, yang harga sahamnya naik 1,3%, adalah raksasa pertumbuhan pertama yang melaporkan kinerja periode April-Juni. Rilis laporan keuangan Tesla diharapkan pada hari Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×