kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Naik, Investor Menanti Pertemuan The Fed Pekan Ini


Selasa, 19 Maret 2024 / 05:00 WIB
Wall Street Naik, Investor Menanti Pertemuan The Fed Pekan Ini
ILUSTRASI. Indeks utama Wall Street ditutup menguat pada akhir perdagangan Senin (18/3), didukung rebound indeks Nasdaq. REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks utama Wall Street ditutup menguat pada akhir perdagangan Senin (18/3), didukung rebound indeks Nasdaq. Sementara itu, investor menanti pertemuan Federal Reserve pekan ini.

Mengutip Reuters, indeks Dow Jones Industrial Average naik 75,66 poin, atau 0,20% ke level 38.790,43, S&P 500 naik 32,33 poin, atau 0,63%, ke level 5.149,42 dan Nasdaq Composite naik 130,27 poin, atau 0,82% ke level 16.103,45. 

Volume perdagangan saham di bursa AS mencapai 11,16 miliar saham dengan rata-rata 12,14 miliar saham dalam 20 hari perdagangan terakhir.

Induk Google, Alphabet, memberikan dorongan yang cukup besar ke pasar setelah laporan media bahwa Apple sedang dalam pembicaraan untuk membangun mesin AI Gemini Google ke dalam iPhone.

Baca Juga: Nasdaq Memimpin Penguatan Wall Street Senin (18/3), Menjelang Rapat The Fed

Hal ini mendukung sektor jasa komunikasi, yang naik hampir 3%, memimpin kenaikan di antara 11 sektor utama S&P 500 setelah mencapai level tertinggi sejak September 2021.

Saham Tesla naik 6,3%, memimpin persentase kenaikan S&P 500, setelah produsen mobil listrik tersebut mengatakan akan segera menaikkan harga Model Y EV di beberapa bagian Eropa.

Saham Nvidia naik 0,7% tetapi ditutup jauh di bawah sesi tertingginya. Perusahaan kecerdasan buatan ini memulai konferensi pengembang tahunannya ketika investor menunggu pengumuman chip baru dari Kepala Eksekutif Jensen Huang.

Lindsey Bell, kepala strategi di 248 Ventures di Charlotte, North Carolina mengatakan, investor terpecah antara antusiasme terhadap prospek AI di sektor teknologi dan kekhawatiran menjelang pembaruan kebijakan Federal Reserve pada hari Rabu. 

“Pasar benar-benar ingin mempertahankan momentum perdagangan namun yang membebani pikiran investor adalah apa yang terjadi dengan The Fed minggu ini,” kata Bell.

"Pasar merasa nyaman dengan pemangkasan suku bunga pertama yang dilakukan pada bulan Juni atau Juli namun tidak sepenuhnya yakin hal tersebut akan terjadi. Pertanyaannya adalah apakah pemotongan suku bunga tersebut akan dilakukan lebih lanjut."

Angka inflasi yang lebih kuat dari perkiraan telah mendorong para pedagang mengkaji ulang kapan dan berapa banyak pengambil kebijakan akan menurunkan suku bunga tahun ini. Keyakinan pedagang tentang kemungkinan penurunan suku bunga pada bulan Juni turun menjadi sekitar 51% dari sekitar 71% pada minggu lalu, menurut Alat CME FedWatch.

Baca Juga: Wall Street Week Ahead - Fracturing Magnificent Seven Trade Puts Spotlight

Jika The Fed mengambil nada hawkish ketika pertemuan kebijakannya berakhir pada hari Rabu, hal ini dapat menekan saham.

“Fakta bahwa (indeks) kita naik hari ini memberi investor peluang untuk mengambil keuntungan menjelang The Fed yang kemungkinan besar akan mengecewakan dibandingkan mendukung kenaikan aset-aset berisiko baru-baru ini,” kata Sameer Samana, Senior Global Market Strategist di Wells Fargo Investment Institute, Charlotte.

Goldman Sachs pada hari Senin mengatakan, mereka kini memperkirakan tiga kali penurunan suku bunga pada tahun 2024, dibandingkan dengan empat kali penurunan suku bunga yang diperkirakan sebelumnya, setelah inflasi sedikit lebih tinggi dari perkiraan.

"Dengan pasar mendekati level tertinggi baru-baru ini, sangat sulit untuk melihat apa yang dapat memberikan dorongan kenaikan dari sini. Tidak sulit untuk membayangkan hal-hal yang dapat menyebabkan kekecewaan," kata Samana mengutip The Fed dan valuasi saham teknologi yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×