kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Menguat Dipicu Kenaikan Saham-Saham Megacaps


Kamis, 11 Januari 2024 / 05:20 WIB
Wall Street Menguat Dipicu Kenaikan Saham-Saham Megacaps
ILUSTRASI. Wall Street menguat pada hari Rabu karena kenaikan saham-saham megacaps.


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wall Street menguat pada hari Rabu karena kenaikan saham-saham megacaps. Tetapi, kenaikan tiga indeks utama Wall Street terbatas menjelang laporan inflasi dan pendapatan bank-bank besar di akhir minggu ini.

Rabu (10/1), Dow Jones Industrial Average naik 170,57 poin atau 0,45% menjadi 37.695,73. Indeks S&P 500 naik 26,95 poin atau 0,57% ke 4.783,45. Nasdaq Composite naik 111,94 poin atau 0,75% menjadi 14.969,65.

Microsoft, Meta Platforms, dan Nvidia merupakan pendorong terbesar pada indeks S&P 500. Penyokongnya adalah imbal hasil obligasi Treasury acuan tenor 10-tahun bertahan mendekati 4% dan lelang obligasi senilai US$ 37 miliar menarik permintaan di atas rata-rata.

Layanan komunikasi memiliki kinerja terbaik dari 11 sektor S&P utama, terangkat oleh kenaikan 3,65% pada saham Meta Platforms. Harga saham Meta mencapai level intraday tertinggi sejak September 2021, setelah Mizuho menaikkan target harganya menjadi US$ 470 per saham dari US$ 400 per saham.

Nvidia mencapai rekor tertinggi dan ditutup naik 2,28% setelah sesama pembuat chip TSMC mengalahkan ekspektasi pendapatan kuartal keempat.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Teknikal Saham ICBP, CMRY dan JSMR untuk Perdagangan Kamis (11/1)

Setelah mengakhiri tahun 2023 dengan reli yang kuat, saham-saham kesulitan menemukan momentum kenaikan. Indeks S&P 500 hampir tidak positif pada tahun ini. 

Data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang beragam dan komentar dari pejabat Federal Reserve telah menyebabkan investor mengurangi ekspektasi mengenai waktu dan besaran penurunan suku bunga dari bank sentral tahun ini. Tetapi S&P 500 pada hari Rabu membuat indeks hanya berjarak 0,27% dari rekor penutupan 4,796.56 yang dicapai pada 3 Januari 2022.

“Apa yang dilakukan pasar adalah menilai kembali ekspektasi tahun 2024 dalam hal pendapatan dan suku bunga, dan benar-benar mencari alasan untuk membenarkan lonjakan harga yang kita lihat pada bulan November dan Desember,” kata Sam Stovall, kepala strategi investasi di CFRA Penelitian di New York kepada Reuters.

Dia menambahkan, ini semacam pertanda baik bahwa pasar mulai melambat di awal tahun. "Karena ini menyiratkan bahwa investor benar-benar tidak ingin melewatkan hal lain yang bisa memberikan hasil yang baik," imbuh dia.

Baca Juga: Wall Street: S&P 500 dan Nasdaq Mencapai Level Tertinggi dalam 2 Minggu, Rabu (10/1)

Fokus pasar akan beralih ke laporan inflasi konsumen dan produsen bulan Desember yang masing-masing akan dirilis pada hari Kamis dan Jumat. Data inflasi ini dapat membantu menentukan jalur kebijakan moneter bagi bank sentral.

Presiden Federal Reserve Bank of New York John Williams mengatakan bahwa masih terlalu dini untuk menyerukan penurunan suku bunga karena bank sentral masih memiliki jarak untuk mengembalikan inflasi ke target 2%.

Pelaku pasar telah mengurangi ekspektasi menjadi peluang 67,6% untuk penurunan suku bunga setidaknya 25 basis poin pada bulan Maret, menurut FedWatch Tool CME.

Pada hari Jumat, raksasa perbankan JPMorgan Chase, Bank of America, Citigroup, dan Wells Fargo diperkirakan akan melaporkan laba kuartal keempat yang lebih rendah.

Baca Juga: Pasang Target IHSG di 7.500, Intip 3 Sektor Jagoan JP Morgan

Saham-saham kripto sebagian besar melemah, dengan Coinbase, turun 0,46% dan Riot Platforms turun 1,21%. Penurunan ini terjadi setelah regulator sekuritas AS mengatakan ada pesan media sosial yang diretas diposting di akunnya mengenai persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang telah ditunggu-tunggu.

Saham hampir tidak bereaksi terhadap pemberitahuan CBOE bahwa beberapa ETF bitcoin spot dari beberapa manajer aset telah disetujui.

Harga saham Boeing naik 0,92% menyusul penurunan 9,3% dalam hari sesi sebelumnya, setelah CEO Dave Calhoun mengakui kesalahan yang dilakukan pembuat pesawat AS tersebut. Saat ini lebih dari 170 jet masih dilarang terbang pada hari keempat.

Harga saham DocGo anjlok 37,58% setelah Fuzzy Panda Research mengungkapkan posisi short pada saham perusahaan jasa kesehatan tersebut.​

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×