kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street Ditutup Menguat, Memperpanjang Reli Penurunan Suku Bunga


Selasa, 19 Desember 2023 / 05:50 WIB
Wall Street Ditutup Menguat, Memperpanjang Reli Penurunan Suku Bunga
ILUSTRASI. Wall Street ditutup menguat dengan dua indeks utama menguat


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street menguat pada akhir perdagangan di awal pekan ini karena para pelaku pasar menganalisis ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve (The Fed) yang semakin meningkat di tahun mendatang dan menantikan minggu data ekonomi penting.

Reli yang luas namun moderat mendorong S&P 500 dan Nasdaq memperoleh keuntungan yang solid, sementara Dow berakhir datar.

Senin (18/12), indeks Dow Jones Industrial Average ditutup stabil di level 37,306.02, indeks S&P 500 menguat 21,37 poin atau 0,45% menjadi 4,740.56 dan indeks Nasdaq Composite naik 90,89 poin atau 0,61% ke 14,904.81.

Dari 11 sektor utama di indeks S&P 500, jasa komunikasi mengalami kenaikan paling tinggi, dengan indeks real estate dan utilitas mengakhiri sesi dengan warna merah.

Pada sesi ini, saham energi pada indeks S&P 500 naik 0,8%.

Baca Juga: Wall Street Menguat di Awal Perdagangan Senin (18/12), Dow Jones Rekor Lagi

“Pasar sedang menuju ke arah The Fed yang mulai menurunkan suku bunganya tahun depan,” kata Tom Hainlin, ahli strategi investasi nasional di US Bank Wealth Management di Minneapolis.

"Data, apakah itu inflasi, belanja konsumen atau pasar tenaga kerja, tidak... memburuk terlalu cepat atau berjalan terlalu panas, sehingga skenario Goldilocks terus berjalan," lanjut Hainlin.

Wall Street terus melanjutkan kenaikan selama tujuh minggu berturut-turut, kenaikan mingguan terpanjang S&P 500 sejak 2017.

Sekarang, indeks S&P 500 berjarak sekitar 1,2% dari penutupan tertinggi sepanjang masa, di tengah meningkatnya optimisme mengenai penurunan suku bunga kebijakan pada tahun 2024, sebuah semangat yang coba dikendalikan oleh para pembuat kebijakan The Fed pada hari Senin.

Presiden The Fed Chicago Austan Goolsbee memperingatkan bahwa bank sentral belum berkomitmen untuk menurunkan suku bunga dalam waktu dekat.

Di sisi lain, Presiden The Fed Cleveland Loretta Mester mengatakan, pasar keuangan telah "sedikit lebih maju" dari bank sentral sehubungan dengan waktu dan tingkat pemotongan suku bunga.

Meski begitu, pasar keuangan memperkirakan kemungkinan sebesar 63,4% bahwa bank sentral akan menurunkan suku bunga target dana The Fed sebesar 25 basis poin pada pertemuan kebijakan moneter bulan Maret, menurut alat FedWatch.

“Masih ada keterputusan antara investor yang memperhitungkan lima hingga enam pemotongan tahun depan dan The Fed yang menunjukkan tiga pemotongan,” tambah Hainlin.

"Pasar terus bergerak mendahului The Fed dan tampaknya hal ini menyiratkan bahwa tidak terlalu penting berapa banyak pemotongan yang dilakukan, yang penting adalah akan ada pemotongan."

Pekan ini, Departemen Perdagangan diperkirakan akan merilis laporan PDB kuartal ketiga dan terakhir pada hari Kamis (21/12), yang akan diikuti oleh laporan Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) yang luas pada hari Jumat (22/12), yang akan mencakup pertumbuhan pendapatan, konsumsi konsumen, dan pertumbuhan ekonomi. pengeluaran, dan yang terpenting, inflasi.

Baca Juga: Nippon Steel Akan Mengakuisisi US Steel Dengan Nilai $14,9 Miliar

Meningkatnya serangan yang dilakukan oleh kelompok militan terhadap kapal-kapal di Laut Merah membuat harga minyak mentah naik karena kekhawatiran pasokan, yang pada gilirannya meningkatkan stok energi, yang sebagian besar tertinggal akibat reli baru-baru ini.

Saham US Steel melonjak 26,1% ke level tertinggi dalam lebih dari 12 tahun setelah Nippon Steel Jepang mengumumkan akan membeli pembuat baja tersebut dalam kesepakatan senilai US$ 14,9 miliar termasuk utang.

Saham Apple merosot 0,9% karena larangan Tiongkok terhadap iPhone dan gadget buatan luar negeri lainnya mendapatkan momentum.

Di sisi lain, saham VF Corp turun 7,8% setelah pengumuman bahwa mereka sedang menyelidiki aktivitas "tidak sah" pada sistem komputernya, yang mengganggu beberapa bisnisnya, termasuk kemampuan untuk memenuhi pesanan di situs e-commerce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×