kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wall Street dibuka perkasa, Dow Jones dan S&P 500 capai level tertinggi baru


Rabu, 11 Agustus 2021 / 21:51 WIB
Wall Street dibuka perkasa, Dow Jones dan S&P 500 capai level tertinggi baru
ILUSTRASI. Wall Street dibuka menguat pada perdagangan Rabu (11/8)


Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Wall Street tampil perkasa di awal perdagangan hari ini. Dua dari tiga indeks utama kembali capai rekor tertinggi setelah data menunjukkan bahwa pertumbuhan inflasi tampaknya telah mencapai puncaknya, sementara saham-saham yang sensitif secara ekonomi naik usai disahkannya undang-undang paket infrastruktur yang bernilai jumbo. 

Rabu (11/8), indeks Dow Jones Industrial Average dibuka naik 173,06 poin atau 0,49% ke 35.437,73, indeks S&P 500 juga menguat 10,05 poin atau 0,23% menjadi 4.446,80, dan Nasdaq Composite menanjak 12,95 poin atau 0,09% ke posisi 14.801,04.

Sembilan sektor dari 11 sektor utama di indeks S&P naik di awal perdagangan setelah angka inflasi menenangkan beberapa kekhawatiran pengetatan kebijakan moneter awal oleh Federal Reserve AS.

Penguat terbesar di antara sektor pada indeks utama S&P adalah sektor utilitas, material, dan industri.

Baca Juga: Ini sentimen yang bakal jadi penggerak IHSG pada perdagangan Kamis (12/8)

Inflasi telah mendikte pergerakan pasar dalam beberapa bulan terakhir, dengan investor khawatir tekanan harga yang lebih tinggi dapat memaksa Federal Reserve untuk mengurangi kembali sikap akomodatif super longgarnya lebih cepat dari yang diharapkan.

"Ini kabar baik. Ini membantu The Fed tetap tenang," kata Jack Albin, Chief Investment Officer Cresset Capital Management di Chicago.

"(Inflasi) meningkat, tetapi pada tingkat yang lebih lambat. Ini sesuai dengan narasi The Fed dan mereka dapat bertahan dengan strategi mereka saat ini," lanjut Albin.

Sentimen positif lainnya bagi bursa saham datang usai senat Amerika Serikat (AS) meloloskan paket infrastruktur bipartisan senilai US$ 1 triliun pada hari Selasa (10/8). Selain itu ada juga rencana investasi tambahan sebesar US$ 3,5 triliun untuk memerangi perubahan iklim dan kemiskinan, tetapi menghadapi perlawanan keras dari Partai Republik.

Dengan adanya kesepakatan UU Infrastruktur ini, saham produsen peralatan Caterpillar Inc dan Deere & Co, pemasok bahan konstruksi Vulcan Materials Co serta pembuat baja Nucor Corp naik antara 1% dan 3% di awal perdagangan kali ini. Penguatan ini, menambah kenaikan tajam yang terjadi pada sesi sebelumnya, di tengah harapan menuai keuntungan dari proyek infrastruktur.

Saham NortonLifeLock Inc naik 8,5% setelah perusahaan keamanan siber itu setuju untuk membeli perusahaan saingannya yang terdaftar di London, Avast, senilai US$ 8,6 miliar.

Baca Juga: Senat AS menyetujui beleid paket infrastruktur AS US$ 1 triliun

Sementara itu, saham Coinbase Global Inc naik 5,0% setelah pertukaran mata uang kripto mengalahkan perkiraan pasar untuk laba kuartal kedua, dibantu oleh lonjakan hampir 38% dalam volume perdagangan secara berurutan.

Namun, saham Virgin Galactic turun 11,1% setelah Morgan Stanley menurunkan peringkat sahamnya menjadi "underweight" dari "equal-weight". Ini menunjuk pada periode tidak ada penerbangan yang berkepanjangan.

Selanjutnya: Ini sejumlah aspek yang perlu dipertimbangkan dalam memilih saham-saham IPO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×