kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Usai IPO bakal gelar private placement, Avia Avian berpotensi kantongi Rp 11 triliun


Selasa, 16 November 2021 / 08:40 WIB
Usai IPO bakal gelar private placement, Avia Avian berpotensi kantongi Rp 11 triliun


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen cat PT Avia Avian berpotensi memperoleh dana segar yang jauh lebih besar dari yang diincar melalui penawaran umum saham perdana atawa initial public offering (IPO). Potensi ini menyusul adanya aksi korporasi lanjutan yang bakal perusahaan lakukan setelah menggelar IPO.

Berdasarkan prospektus, pemegang saham penjual selaku pemegang saham perusahaan juga akan melakukan penawaran terbatas atas 5,57 miliar saham biasa atau setara 10% dari modal ditempatkan dan disetor penuh kepada pembeli strategis menggunakan skema private placement.

Aksi korporasi tersebut bakal dilakukan setelah pencatatan saham IPO atawa listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Harga pelaksanaan private placement menggunakan level yang sama dengan harga pelaksanaan IPO.

Asal tahu saja, Avia Avian menawarkan harga IPO pada kisaran Rp 780 hingga Rp 930 per saham. Dengan asumsi jumlah saham yang dilepas tidak mengalami downsize, atau tetap sebanyak 6,2 miliar saham, maka perusahaan ini akan meraup dana segar dalam rentang Rp 4,84 triliun hingga Rp 6,08 triliun.

Baca Juga: Siap IPO, begini rencana ekspansi produsen cat Avian ke depan

Nah, jika Avia Avian mampu menetapkan harga pelaksanaan di batas atas harga penawaran atau Rp 930 per saham, maka perusahaan akan meraup dana tambahan sebesar Rp 5,46 triliun. Dengan kata lain, Avia Avian berpotensi meraup total dana segar hingga Rp 11,54 triliun jika emisi IPO dan private placement digabungkan.

Dengan asumsi harga pelaksanaan Rp 780 per saham pun, Avia Avian masih memiliki potensi meraup dana segar hingga Rp 9,19 triliun. Angka ini merupakan kombinasi nilai emisi IPO Rp 4,84 triliun ditambah dengan nilai private placement yang sebesar Rp 4,35 triliun.

Manajemen perusahaan belum menentukan siapa yang menjadi pihak pembeli strategis. Namun, investor institusi termasuk namun tidak terbatas pada dana pensiun, manajer investasi, asuransi baik dari dalam maupun luar negeri menjadi target penawaran saham melalui skema private placement.

Proses IPO Avia Avian saat ini masih dalam tahap penawaran awal atawa bookbuilding hingga 18 November. Listing Avia Avian dijadwalkan berlangsung pada 7 Desember.

Selanjutnya: Gugatan pailit ditolak, ini fokus Pan Brothers (PBRX) ke depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×