kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Turun 3 Hari Beruntun, Begini Prediksi IHSG Hari Ini (17/3)


Jumat, 17 Maret 2023 / 05:35 WIB
Turun 3 Hari Beruntun, Begini Prediksi IHSG Hari Ini (17/3)


Reporter: Aurelia Felicia | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,94% atau 62,41 poin ke level 6.565,73 pada Kamis (16/3). . 

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheril Tanuwijaya melihat IHSG terimbas sentimen negatif dari bursa global seiring kekhawatiran investor terhadap dampak kolapsnya Silicon Valley Bank (SVB) yang juga akan mengancam bank besar di Eropa seperti Credit Suisse. 

Cheril mencermati pelaku pasar akan khawatir dampaknya meluas dan membuat perekonomian global melambat sehingga harga komoditas semakin menurun akibat permintaan yang melemah. 

“Dari dalam negeri sebenarnya sentimennya positif, Bank Indonesia (BI) menahan suku bunga sesuai perkiraan pasar,” kata Cheril.

Cheril memprediksi IHSG sudah jenuh jual sehingga ada potensi rebound di jangka pendek. Cheril memprediksi IHSG Jumat (17/3) berpotensi konsolidasi menguat dalam area support pada level 6.550 dan resistance pada level 6.630.

Baca Juga: IHSG Turun 3 Hari Beruntun ke Level Terendah Sejak Desember 2021

Head of Research Phintraco Sekuritas Valdy Kurniawan mencermati, IHSG membentuk pola three black candles bersamaan dengan pelemahan Kamis (16/3). Pola ini diikuti dengan pelebaran negative slope pada MACD. 

“Hal-hal tersebut mengindikasikan potensi bearish lanjutan, perhatikan support critical level selanjutnya di 6.480-6.500,” kata Valdy. 

Sentimen negatif utama penurunan IHSG yang berasal dari kekhawatiran meluasnya dampak penutupan Silicon Valley Bank (SVB) terhadap sektor keuangan di luar AS. Kondisi ini terjadi di tengah spekulasi pasar terhadap kenaikan Fed Funds Rate sebesar 25 bps dalam Federal Open Market Committee (FOMC) meeting Rabu (22/3).

Valdy memprediksi IHSG Jumat (17/3) akan bergerak pada area support 6.480 dan resistance 6.650. 

Baca Juga: Musim Pembagian Dividen Tiba, Mana yang Menarik Bagi Investor?

Senada dengan Cheril, Equity Research Analyst Pilarmas Investindo Sekuritas Desy Israhyanti memprediksi IHSG Jumat (17/3) akan berpotensi menguat terbatas pada rentang area support di level 6.519 dan resistance di level 6.654.

Adapun potensi penguatan IHSG ini disinyalir dampak dari kebijakan moneter dalam negeri yang dipertahankan stabil dan kinerja kredit yang masih terpantau meningkat. Desy juga menyebutkan adanya sentimen luar negeri dari rilis beberapa laporan yang mempengaruhi pergerakan IHSG.

“Laporan pasar tenaga kerja dan kinerja industri AS, laporan inflasi Uni Eropa serta perkembangan terkini atas gejolak pasar keuangan global akibat isu likuiditas,” ujarnya.  

Valdy merekomendasikan saham-saham defensif dan terkait konsumen seperti INDF, ICBP, SIDO, MAPI, TLKM, dan ASII.

Cheril merekomendasikan saham SIDO, AUTO, SMKM, dan TPIA. Sementara Desy merekomendasikan saham BBNI, TLKM, dan MIKA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×