kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prediksi IHSG Hari Ini (21/2) Turun Lagi, Cek Saham yang Berpotensi Rebound


Selasa, 21 Februari 2023 / 07:34 WIB
Prediksi IHSG Hari Ini (21/2) Turun Lagi, Cek Saham yang Berpotensi Rebound
ILUSTRASI. Prediksi IHSG Hari Ini (21/2) Turun Lagi, Cek Saham yang Berpotensi Rebound


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (21/2) diperkirakan melemah lagi. Meski demikian, analis melihat sejumlah saham berpotensi mengalami kenaikan harga setelah melemah pada perdagangan sebelumnya alias rebound.

Prediksi IHSG hari ini akan melemah melanjutkan tren negatif pada perdagangan sebelumnya. Pada perdagangan Senin (20/2), IHSG ditutup turun tipis 0,01% atau 1 poin ke level 6.894,71.

Equity Analyst Phintraco Sekuritas Alrich Paskalis Tambolang prediksi IHSG hari ini berpotensi mengalami koreksi. "IHSG rawan membentuk minor bearish reversal setelah breaklow MA20 di 6.900 di Senin (20/2)," katanya.

Secara teknikal, negative slope pada MACD cenderung melebar, memperkuat indikasi tersebut. Nah, jika pelemahan berlanjut, ia menyarankan investor memperhatikan support kuat berikutnya di kisaran 6.820 (MA50).

Baca Juga: Harga Saham BYAN Melemah, Orang Terkaya Indonesia Ini Malah Memborongnya

Hanya saja, potensi technical rebound di Selasa (21/2) masih terbuka, apabila IHSG bertahan di 6.860. Alrich pun memperkirakan IHSG akan bergerak dengan support 6.820 dan resistance pada level 6.940.

Adapun sentimen negatif yang akan menggerus IHSG Selasa (21/2) adalah profit taking di saham-saham yang menguat signifikan sepanjang pekan lalu, termasuk saham-saham teknologi menekan IHSG di Senin (20/2).

"Kondisi ini masih mungkin berlanjut di Selasa (21/2) di tengah kecenderungan pelaku pasar untuk mengantisipasi rilis risalah The Fed (23/2)," jelasnya.

Pelaku pasar berharap memperoleh informasi mengenai puncak The Fed Rate dari risalah tersebut. Saat ini, pasar mengantisipasi setidaknya 3 kali kenaikan The Fed Rate di semester I 2023.

Alrich menyarankan, investor bisa memperhatikan emiten-emiten dengan potensi rebound seperti TLKM, BSDE, PWON, UNVR, INDF dan TINS.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana prediksi IHSG hari ini melemah meskipun indeks global dan Asia cenderung menguat. "Dan dalam timeframe yang besar, kami melihat masih adanya kecenderungan koreksi," ujarnya kepada Kontan.co.id, Senin (20/2).

Baca Juga: IHSG Berpotensi Naik Pekan Ini, Cek 20 Saham Rekomendasi Indo Premier Sekuritas

Menurut Herditya, koreksi terjadi karena investor masih cenderung wait and see rilis beberapa data ekonomi seperti PMI manufaktur Amerika Serikat (AS) dan suku bunga China. MNC Sekuritas memproyeksikan IHSG akan bergerak dengan support di 6.803 dan resistance pada level 6.946.

Herditya merekomendasikan ASLC, PNBS, dan ESSA. Harga saham ASLC pada perdagangan Senin 20 Februari 2023 ditutup stagnan di level 116. Namun dalam lima hari perdagangan sebelumnya, harga saham ASLC terakumulai naik 15 poin atau 14,85%.

Itulah prediksi IHSG dan rekomendasi saham pilihan untuk perdagangan hari ini, Selasa 21 Februari 2023. Ingat disclaimer on, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×