kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tiga saham ini disebut jadi penghuni baru LQ45, begini prospeknya menurut analis


Selasa, 21 Januari 2020 / 20:56 WIB
Tiga saham ini disebut jadi penghuni baru LQ45, begini prospeknya menurut analis
ILUSTRASI. Reporter salah satu stasiun televisi melaporkan pergerakan IHSG di Bursa Efek Indonesia Jakarta.

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Spekulasi penghuni baru indeks saham berkapitalisasi pasar besar, LQ45 sudah mulai bertebaran. Sebagaimana diketahui, Bursa Efek Indonesia akan melakukan rebalancing terhadap indeks ini untuk periode Februari-Juli 2020.

Informasi yang diperoleh Kontan.co.id menyebut, sejumlah saham yang akan menjadi anggota indeks tersebut adalah PT Timah Tbk (TINS), PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), dan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG). Sementara itu, beberapa saham yang akan dikeluarkan dari LQ45 adalah PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Medco Energi International Tbk (MEDC), PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), dan PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL).

Baca Juga: IHSG ditutup melemah 0,11% ke 6.238 pada akhir perdagangan hari ini

Melinik tiga saham yang akan menjadi penghuni baru LQ45 tersebut, Analis OSO Sekuritas Sukarno Alatas mengatakan, TOWR, TBIG, dan TINS memiliki prospek yang bagus. Untuk emiten menara telekomunikasi, pertumbuhan harga sahamnya akan didorong sentimen besaran belanja modal yang akan disiapkan untuk ekspansi 2020. Sementara TINS akan terdorong kenaikan harga jual timah yang terjadi belakangan ini.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Ardiastama menambahkan, harga komoditas pada awal tahun ini memang sudah mulai bergairah sejak penurunan tajam pada awal 2019. "Hal tersebut tentunya dapat berdampak pada kinerja keuangan TINS. Apalagi, TINS adalah pemain tunggal dan hampir menguasai kebutuhan timah dalam negeri," ucap dia saat dihubungi Kontan.co.id, Selasa (21/10).

Untuk TOWR dan TBIG, pertumbuhannya akan terdorong oleh industri telekomunikasi dalam negeri yang cukup masif serta langkah para operator yang akan terus berekspansi. "Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan permintaan jasa dari TBIG dan TOWR," kata dia.


Tag


TERBARU

Close [X]
×