kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45714,31   4,95   0.70%
  • EMAS913.000 0,55%
  • RD.SAHAM 0.53%
  • RD.CAMPURAN -0.19%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.21%

Mengejutkan! The Fed cukur bunga 50 bps, pemotongan terbesar sejak 2008


Selasa, 03 Maret 2020 / 23:19 WIB
Mengejutkan! The Fed cukur bunga 50 bps, pemotongan terbesar sejak 2008
ILUSTRASI. Bank Sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve memangkas suku bunga 50 basis poin ke 1%-1,25%, Selasa (3/3/2020).

Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bank Sentral Amerika Serikat atau The Federal Reserve memangkas suku bunga 50 basis poin ke 1%-1,25%, Selasa (3/3), di tengah kekhawatiran bahwa wabah virus corona dapat merusak ekonomi Amerika Serikat (AS).

Ini merupakan pemotongan bunga level darurat pertama yang tidak terjadwal sejak tahun 2008, dan juga merupakan penurunan bunga satu kali terbesar sejak 2008.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Gara-gara corona, The Fed pangkas suku bunga 50 bps

Berikut pernyataan ringkas The Federal Open Market Committee mengenai penurunan kebijakan suku bunga tersebut yang dikutip dari situs The Federal Reserve:

"Fundamental ekonomi AS tetap kuat. Namun, wabah virus corona menimbulkan risiko yang berevolusi terhadap kegiatan ekonomi.

Mengingat risiko-risiko ini dan dalam mendukung pencapaian pekerjaan maksimum dan sasaran stabilitas harga, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Selasa ini (3/3) memutuskan untuk menurunkan kisaran target untuk tingkat bunga sebesar 1/2 poin persentase (50 basis poin), menjadi 1% hingga 1,25%.

Komite sedang memonitor perkembangan dan implikasinya terhadap prospek ekonomi dan akan menggunakan alat-alatnya dan bertindak sesuai kebutuhan untuk mendukung ekonomi.

Voting untuk tindakan kebijakan moneter adalah Jerome H. Powell (Ketua); John C. Williams (Wakil Ketua); Michelle W. Bowman; Lael Brainard; Richard H. Clarida; Patrick Harker; Robert S. Kaplan; Neel Kashkari; Loretta J. Mester; dan Randal K. Quarles."

Baca Juga: Wall Street bersorak setelah The Fed pangkas suku bunga

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×