kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Termasuk Indonesia, Pasar Obligasi Asia Dilanda Aksi Jual Investor Asing Bulan Lalu


Selasa, 16 April 2024 / 14:31 WIB
Termasuk Indonesia, Pasar Obligasi Asia Dilanda Aksi Jual Investor Asing Bulan Lalu
ILUSTRASI. Obligasi.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Investor asing secara signifikan mengurangi kepemilikan mereka pada obligasi Asia pada bulan lalu, karena para trader meninjau ulang potensi penurunan suku bunga Federal Reserve di tengah tekanan inflasi yang terus berlanjut.

Selain itu, kehati-hatian terhadap pemilu di Korea Selatan dan India juga mempengaruhi aliran modal ke wilayah tersebut.

Investor asing bulan lalu melepas obligasi senilai US$ 4,7 miliar di Korea Selatan, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan India sekaligus mengakhiri pembelian obligasi selama empat bulan berturut-turut.

Investor mengurangi spekulasi bahwa The Fed akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Juni karena inflasi menjadi lebih kaku dari perkiraan sebelumnya. 

Baca Juga: Bank Sentral China (PBOC) Pertahankan Suku Bunga Acuannya

Data terbaru menunjukkan inflasi AS meningkat lebih dari perkiraan selama tiga bulan berturut-turut pada bulan Maret.

Analis pun kini mengantisipasi bahwa siklus pelonggaran suku bunga kemungkinan akan dimulai pada bulan September.

Imbal hasil Treasury AS dengan tenor dua tahun, yang biasanya bergerak sesuai dengan ekspektasi suku bunga, mencapai level tertinggi dalam lima bulan di 5,012% pada minggu lalu.

Sementara itu, obligasi Korea Selatan mencatatkan arus keluar asing bersih sebesar US$ 4,35 miliar pada bulan lalu yang merupakan rekor terbesar dalam sebulan sejak Januari 2023.

Menurut Khoon Goh, kepala Riset Asia ANZ, efek ganda dari kenaikan imbal hasil AS dan pemilihan legislatif nasional kemungkinan besar mendorong arus keluar obligasi Korea Selatan.

Di sisi lain, obligasi Indonesia mengalami penjualan bersih asing senilai sekitar US$ 2 triliun, yang merupakan arus keluar bulanan terbesar sejak Juni 2022 di tengah anjloknya nilai tukar rupiah.

Baca Juga: Investor Global Hengkang dari Bursa Saham Akibat Kekhawatiran Inflasi

Obligasi Thailand juga terus mengalami aksi jual asing, dengan total arus keluar sekitar US$ 342 juta yang menandai arus keluar selama empat bulan berturut-turut.

Sementara itu, obligasi India menarik modal asing selama dua belas bulan berturut-turut, dengan total arus masuk sebesar US$ 1,64 miliar. Investor asing juga membeli obligasi Malaysia senilai sekitar US$ 353 juta pada bulan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×